• KANAL BERITA

Menyuarakan Pesan Peduli Sampah

Foto: suaramerdeka.com/Ranin Agung
Foto: suaramerdeka.com/Ranin Agung

UNGARAN, suaramerdeka.com - Edukasi sekaligus pesan kepada masyarakat tentang fungsi dan pentingnya peduli tentang sampah bakal disuarakan oleh anggota Forum Komunikasi Relawan Lintas Komunitas Peduli Lingkungan Hidup (Forkom Relinko) Kabupaten Semarang. Pernyataan itu disampaikan Pembina II Forkom Relinko Kabupaten Semarang, Budi Santosa, Sabtu (14/12). Menurutnya, tidak kecuali bertepatan dengan jalan sehat bertajuk “Fit n Fun Suara Merdeka 2019” di Alun-alun Bung Karno Ungaran.

Baca juga: Badan Sehat, Syukur Dapat Hadiah

“Dengan peduli sampah, apalagi tidak membuang sampah sembarangan tentunya akan berdampak positif bagi lingkungan,” kata Budi Santosa.

Ada pun bentuk edukasi yang akan diberikan, pihaknya hendak berkolaborasi dengan Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) dalam menyediakan kantong dan tempat sampah khusus di Alun-alun Bung Karno selama event jalan sehat berlangsung. Tujuannya, agar fasilitas publik itu tetap bersih dari sampah.

“Edukasi ini perlu dan terus kami suarakan supaya kepedulian masyarakat tumbuh, dan diaplikasikan di wilayah lain,” terangnya.

Budi Santosa yakin, dengan terlibat dalam kegiatan yang digelar dalam rangka HUT ke-36 Kota Ungaran serta rangkaian HUT ke-70 Suara Merdeka nantinya bisa menyadarkan warga yang datang untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Apresiasi kami berikan kepada Suara Merdeka yang telah melibatkan kami, demikian halnya dengan Djarum Foundation yang sudah memberikan bibit tanaman kemloko dan eukaliptus. Nantinya bibit produktif itu bakal kami tanam untuk mendukung pemulihan ekosistem serta mata air di Gunung Merbabu,” papar dia.

 


(Ranin Agung/CN40/SM Network)