• KANAL BERITA

Angin Puting Beliung Robohkan Rumah Warga Plosorejo

ROBOH: Rumah Mbah Surati (65) di Desa Plosorejo, Kecamatan Banjarejo roboh usai diterpa angin puting beliung. (suaramerdeka.com / Urip Daryanto)
ROBOH: Rumah Mbah Surati (65) di Desa Plosorejo, Kecamatan Banjarejo roboh usai diterpa angin puting beliung. (suaramerdeka.com / Urip Daryanto)

BLORA, suaramerdeka.com - Lagi angin puting beliung ngamuk di Blora, tepatnya di Desa Plosorejo, Kecamatan Banjarejo, Kamis (12/12) siang sekitar pukul 12.30. Sebuah rumah warga, yakni milik  Mbah Surati (65), roboh disapu angin tersebut dan melukai kepalanya. Sekitar 50 rumah warga Desa Plosorejo mengalami rusak ringan, yakni gentengnya berterbangan. Tidak hanya itu sejumlah pohon turus jalan juga sempat roboh.

Keterangan yang berhasil dihimpun juga berdasarkan penuturan Suparti, warga Plosorejo yang genteng rumahnya berterbangan, Kamis siang sekitar pukul 12.30, tiba-tiba mendung gelap menyelimuti desanya. Tidak lama kemudian hujan turun disertai angin kencang. ''Tiba-tiba hujan deras sekali, disertai angin yang kencang. Akibatnya genting rumah warga bertebangan, sejumlah pohon roboh,'' papar Suparti.

Di peristiwa itu, rumah seorang warga, yakni rumah Mbah Surati (65) roboh dan melukai kepalanya saat saat berusaha menyelamatkan diri. Menurut Kades Plosorejo, Ahmad Muslih, Mbah Surati selama ini tinggal seorang diri di rumah yang baru saja mendapatkan bantuan bedah rumah.

''Mbah Surati tinggal sendiri karena beliau termasuk penyandang disabilitas. Matanya sudah rabun, sehingga saat rumahnya roboh diterpa angin dia tidak bisa menyelamatkan diri dengan cepat. Beruntung lukanya tidak terlalu parah,'' jelas Kades Muslih.  

Atas peristiwa itu, Danramil Banjarejo, Kapten Inf. Subeno menyatakan siap bersinergi dengan Polsek untuk membangun kembali rumah milik Mbah Surati. "Kami siap bersama personel Polsek, juga bersama warga setempat untuk bahu bahu membahu membangun kembali rumah warga Mbah Surati yang roboh,'' tandasnya.

Ungkapan senada dikemukakan Kapolsek Banjarejo, AKP, Iptu Tejo Utomo, SH. 'Kami jajaran Polsek Banjarejo juga siap untuk membantu pembangunan rumah Mbah Surati kembali yang roboh itu,'' ungkapnya.

 

 


(Urip Daryanto/CN26/SM Network)