• KANAL BERITA

Diduga Hendak Curi Motor Ditangkap Warga

Kapolsek Tegalrejo, Polres Magelang, AKP Haris Gunardi SH, menginterogasi tersangka percobaan pencurian sepeda motor. (Foto suaramerdeka.com/Eko Priyono)
Kapolsek Tegalrejo, Polres Magelang, AKP Haris Gunardi SH, menginterogasi tersangka percobaan pencurian sepeda motor. (Foto suaramerdeka.com/Eko Priyono)

MUNGKID, suaramerdeka.com - Seorang pemuda berinisial AR (23) tidak mempunyai pekerjaan tetap asal Desa Pelimbangan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang ditangkap warga ketika diduga akan mengambil sepeda motor, Kamis (12/12).

Motor yang hendak diambil jenis Honda Megapro tahun 2005 warna hitam Nopol AA 2657 ZB milik Muh Romadon warga Dusun Mangunrejo Rt 02, Rw 01, Desa Mangunrejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang.

Pemilik motor, Moh Romadon, kepada petugas Polsek Tegalrejo menerangkan bahwa Kamis pagi (12/12) sekitar pukul 07.30 kendaraan dia diparkir di pinggir jalan Mangunrejo-Batikan, Desa Ngadirejo dan ditinggal mencangkul di sawah. Tidak lama kemudian ada dua pemuda mendekati kendaraan dia.

Kemudian salah satu pelaku AR turun dari kendaraannya dan mengutak atik kunci kontak sepeda motor dia. ''Aksi kedua pemuda tersebut diketahui oleh beberapa warga yang mengenali bahwa kendaraan yang dirusak kuncinya adalah milik saya,'' kata Romadhon.

Kemudian warga menanyai pelaku tersebut. Saat itu pelaku AR akan melarikan diri. Dia mencari temannya yang ternyata lebih dahulu telah melarikan diri menggunakan kendaraan bermotor jenis Satria FU. Akhirnya AR berhasil ditangkap oleh warga dan kemudian diserahkan ke Polsek Tegalrejo.

Dari pengakuan AR, dia melakukan aksinya berdasarkan perintah rekannya yang bernama Heri. ''Rencananya dari hasil kejahatan akan dijual dan uangnya dipergunakan untuk membayar kontrakan,'' terang AR.

Kapolsek Tegalrejo, Polres Magelang, AKP Haris Gunardi SH, membenarkan telah menangani kejadian tersebut. ''Polisi menerima penyerahan pelaku percobaan pencurian sepeda motor dari warga masyarakat,'' terangnya.

Untuk sementara pelaku masih diamankan dalam rangka penyidikan dan pengembangan. Sedangkan satu orang lainnya yang diketahui bernama Heri ditetapkan masuk daftar pencarian orang. ''Kepada pelaku kami jerat dengan pasal percobaan pencurian sepeda motor melanggar Pasal 363 Ayat (1) ke 4 KUHP jo 53 Ayat (1),'' katanya. 


(Eko Priyono/CN19/SM Network)