• KANAL BERITA

Pengurus HIMKI DIY Ramai-ramai Membubarkan Diri

Ketua DPD HIMKI DIY, Timbul Rahardjo dengan didampingi pengurus memberikan keterangan persnya. (Foto : suaramerdeka.com/Sugiarto)
Ketua DPD HIMKI DIY, Timbul Rahardjo dengan didampingi pengurus memberikan keterangan persnya. (Foto : suaramerdeka.com/Sugiarto)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Tidak sejalan dengan kepengurusan pusat, segenap pimpinan, pengurus dan anggota Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (DPD HIMKI) DIY mundur kalau tidak boleh disebut membubarkan diri.

Sikap tegas pengurus dan anggota DPD HIMKI DIY ini disampaikan pada Rakerda DIY 2019 di Pesona Hotel Malioboro, kemarin. ''Kami sudah tidak percaya lagi dengan kepengurusan pusat, untuk itu kami mundur dari kepengurusan HIMKI DIY,'' ujar Ketua DPD HIMKI DIY, Timbul Raharjo dengan didampingi segenap pengurus lainnya.

Para pengurus dan anggota HIMKI DIY, berencana akan bergabung dengan Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) yang dinilai lebih profesional dan mapan. Organisasi ini menurut mereka memiliki visi serta misi sesuai dengan apa yang diperjuangkan selama ini.

Setelah menyatakan mundur dan membuarkan diri dari kepengurusan DPD HIMKI DIY, untuk sementara mereka akan bergabung dengan Asmindo karena Asmindo organisasi yang terlama, tertua dan diikuti oleh banyak pengusaha mapan dan profesional.

Apalagi, kata dia, Asmindo sudah menjadi kepercayaan pemerintah sehingga tidak ada alasan untuk tidak bergabung. ''Kami akan bedol deso ke Asmindo,'' ujar Ketua DPD HIMKI DIY, Timbul Raharjo. ''Karena di HIMKI kami sudah tidak dianggap, lebih baik kami cara organisasi yang lebih baik dan mapan,'' timpal salah seorang pengurus DPD HIMKI DIY.

Sebelumnya Rakerda DPD HIMKI DIY, segenap pengurus dan anggota memutuskan untuk membubarkan diri dari struktur kepengurusan pusat. Pembubaran diri ini ditandai dengan mundurnya Ketua Timbul Raharjo yang diikuti oleh pengurus serta para anggota lainnya.

''Saya mengundurkan diri dari ketua DPD HIMKI DIY. Dengan ini maka mandat dari pusat saya kembalikan, artinya di sini sudah tidak ada kegiatan. Kami juga telah beraklamasi dan menghasilkan kesepakatan bersama, baik antara pengurus dan anggota untuk membubarkan diri,'' ujar Timbul Raharjo.

Pembubaran organisasi ini, lanjut dia, merupakan buntut dari munculnya organisasi serupa di wilayah DIY. Timbul Raharjo mengungkapkan, organisasi tersebut justru diciptakan oleh DPP HIMKI sendiri dengan kepentingan tertentu. Dari pada ribut dengan teman sendiri, maka pihaknya dengan yang lain memilih membubarkan diri.

Pengurus dan anggota DPD HIMKI DIY yang mengundurkan diri ini menyesalkan sikap DPP tersebut. Keberadaan DPD HIMKI DIY yang semula solid dan mampu merangkul para pelaku industri mebel serta kerajinan, namun justru dipecah-belah dengan munculnya organisasi ‘tandingan’.

Keputusan yang diambil para pengurus maupun anggota ini, menurut Timbul Raharjo, merupakan langkah terbaik baik bagi pelaku usaha mebel maupun pengurus dan anggota HIMKI DIY. Terutama untuk menyelamatkan masyarakat pelaku mebel maupun kerajinan yang ada di wilayah DIY.


(Sugiarto/CN19/SM Network)