• KANAL BERITA

Maju Pikada, Gibran Harus Matang Berpolitik

foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Putra Sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Solo melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengatakan, setidaknya ada tiga syarat yang harus dipenuhi Gibran sebelum maju pilkada.

Syarat pertama, Gibran harus matang secara politik dan kemasyarakatan. Kemudian, Gibran juga harus kemampuan mempimpin. Dan terakhir, harus dari kemauan sendiri bukan dipaksakan. "(Syarat tersebut) agar tidak terkesan dinasti," kata Fadel disela-sela sosialisasi empat pilar di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (12/12/2019).

Mantan Gubernur Gorontalo ini pun menilai, hal siapapun untuk mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Namun, dia mengingatkan siapa pun yang maju sebagai calon kepala daerah tidak ujuk-ujuk atau aji mumpung. "Kalau memang punya keinginan, dan mendaftar kan tetap nantinya dikembalikan kepada rakyat akan memilih atau tidak," katanya.

Seperti diketahui, Gibran resmi mendaftarkan diri maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo. Dia datang dengan rombongan sekitar seribu relawan dengan menumpang 20 bus. Tidak hanya itu, Gibran juga disambut sejumlah kelompok kesenian, seperti angklung, topeng ireng, barongsai, hingga penabuh rebana.


(Mahendra Bungalan/CN34/SM Network)