• KANAL BERITA

Animo Besar, KAI Luncurkan Kereta Priority Tujuan Jogja

Direktur Utama (Dirut) PT KA Pariwisata Totok Suryono (kiri) bersama Humas Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto menunjukkan video slide kereta priority Suryono saat launching kereta Priority pada Fajar Utama Yk dan Senja Utama Yk di Stasiun Tugu, Rabu (11/12). (suaramerdeka.com/Gading Persada)
Direktur Utama (Dirut) PT KA Pariwisata Totok Suryono (kiri) bersama Humas Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto menunjukkan video slide kereta priority Suryono saat launching kereta Priority pada Fajar Utama Yk dan Senja Utama Yk di Stasiun Tugu, Rabu (11/12). (suaramerdeka.com/Gading Persada)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Operator kereta api di Tanah Air, PT Kereta Api Indonesia (Persero) lewat anak perusahaannya PT KA Pariwisata segera meluncurkan kereta Priority dengan tujuan Jakarta-Jogja. Berkapasitas 30 kursi, rencananya gerbong kelas Priority akan digandengkan pada kereta Fajar Utama Yogyakarta dan Senja Utama Yogyakarta di mana keduanya memiliki relasi sama, Stasiun Pasar Senen Jakarta-Stasiun Tugu Jogja.

“Kami luncurkan per 13 Desember nanti dan direncanakan beroperasi setiap hari,” imbuh Direktur Utama (Dirut) PT KA Pariwisata, Totok Suryono, saat launching kereta Priority pada Fajar Utama Yk dan Senja Utama Yk di Stasiun Tugu, Rabu (11/12).

Menurut dia, kehadiran kelas Priorty di relasi Jakarta-Jogja tak terlepas dari animo masyarakat yang berkunjung ke Kota Pelajar ini. Berdasarkan catatan perusahaannya, selama ini untuk kereta wisata yang melintas di Stasiun Tugu, okupansi penumpang yang turun di Jogja cukup besar.

“KA wisata ini sebagian besar sekitar 80 persen dengan sistem carter tadi itu memang arahnya ke Jogja. Jadi untuk segmen ke Jogja masih cukup besar. Kami pernah mengoperasikan kereta Prioriy yang beroperasi setiap akhir pekan saja. Jadi berangkat dari Jakarta ke Jogja itu Jumat dan kembali ke Jakarta Minggu, itu okupansinya memang cukup tinggi,” paparnya.

Pria yang pernah menjadi Kepala Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang mengungkapkan untuk keberangkatan kereta yakni Fajar Utama Priority relasi Jogja-Pasar Senen adalah pukul 07.00 dan Senja Utama Priority relasi yang sama berangkat pukul 19.05. Ada pun keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen yakni 07.20 untuk Fajar Utama Yk dan 18.55 untuk Senja Utama Yk. Dengan target keberangkatan perdana terisi 60 persen okupansi maka selama 13 Desember hingga 6 Januari 2020 akan dilakukan tarif promo.

“Sebelumnya KA Priority itu sudah dirangkaian ke Argo Parahyangan, Argo Wilis dan Argo Bangunkarta. Kami luncurkan yang ini juga untuk memberikan tambahan pilihan bagi warga yang ingin memilih kelas-kelas di kereta api. Selain itu kami juga ingin mengangkat citra Stasiun Pasar Senen yang selama ini hanya melayani kereta ekonomi, ekonomi premium dan excutive, maka sekarang bisa ada kelas yang lebih tinggi lagi,” jelas dia.

Terpisah Humas PT KAI (Persero) Daop 6 Jogja Eko Budiyanto membenarkan bahwa Jogja merupakan jalur gemuk dalam perjalanan kereta api,

“Sehingga semua kereta yang lewat Jogja pasti diminati,” pungkas Eko.


(Gading Persada /CN40/SM Network)