• KANAL BERITA

Pertamina MOR IV Tambah Pasokan BBM dan LPG di Natal dan Tahun Baru

General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian (dua dari kiri) sedang memberikan keterangan kesiapan satgas Pertamina jelang libur Natal dan Tahun Baru di Semarang, Rabu (11/12). (suaramerdeka.com/Cun Cahya)
General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian (dua dari kiri) sedang memberikan keterangan kesiapan satgas Pertamina jelang libur Natal dan Tahun Baru di Semarang, Rabu (11/12). (suaramerdeka.com/Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Jelang Peringatan hari Natal 2019 dan libur tahun baru 2020, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng dan DIY akan menambah stok BBM dan LPG. Untuk BBM jenis gasoline akan ditambah hingga 15 persen dari rata-rata harian normal sebesar 13.038 Kilo Liter menjadi 14.969 Kilo Liter.

General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian mengatakan, penambahan 15 persen ini lebih tinggi dari tahun 2018 yang hanya 12 persen. Hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan yang diperkirakan 16 juta melintas di Jawa Tengah dan DIY. Serta sudah baiknya infrastruktur yang memudahkan masyarakat berpergian.

"Diprediksi puncak permintaannya sampai di 60 persen dan diperkirakan di tanggal 24 Desember," katanya saat memberikan keterangan kesiapan satgas Pertamina jelang libur Natal dan Tahun Baru di Semarang, Rabu (11/12).

Sementara untuk stok LPG di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta secara total juga akan ditambah sebanyak 7,9 persen dari rataan harian normal sebesar 3.867 Metric Ton menjadi 4.174 Metric Ton. Sedangkan untuk kesiapan stok LPG khususnya di wilayah Jawa Tengah, untuk PSO akan ditambah sebanyak enam persen dari rataan normal yaitu 3.138 MT menjadi 3.326 MT dan LPG Non PSO ditambah sebanyak 30,8 persen dari 244 MT menjadi 319 MT.

Pertamina juga membentuk satuan tugas (satgas) Natal dan Tahun Baru yang akan dimulai pada 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020 untuk mengoptimalkan penyaluran BBM di Jawa Tengah.

Selain menambah stok, Pertamina MOR IV juga mengoptimalkan pelayanan BBM di seluruh wilayah operasional seperti di jalan nasional, tol  dan jalur wisata.

Untuk pelayanan di jalan tol trans Jawa (utara), Pertamina menyiapkan sebanyak 21 titik pelayanan BBM yaitu sebanyak enam titik kios Mobile Dispencer, empat titik kios kemasan, empat titik SPBU modular dan titik titik SPBU regular. Sedangkan untuk di jalur selatan Pertamina akan menyediakan dua titik kios kemasan dan dua Pertashop.

Sedangkan untuk jalur nasional pantura ada 89 SPBU yang disiapkan. Untuk jalur selatan disiapkan 31 SPBU, jalur pansela satu SPBU existing serta jalur wisata Solo dan Yogja disiapkan 34 SPBU.

"Kita telah mengkondisikan lembaga penyalur baik SPBU dan pangkalan LPG untuk melayani masyarakat. Terdapat total 868 SPBU yang berada di lokasi strategis dikoordinasikan untuk dapat beroperasi selama 24 jam dan 4.755 Pangkalan LPG PSO serta 490 outlet LPG Non PSO di Jawa Tengah yang akan tetap buka di tanggal hari libur, sehingga kita secara keseluruhan siap melayani pelanggan," jelasnya.


(Cun Cahya/CN40/SM Network)