• KANAL BERITA

Jelang Kongres, PAN Gelar Rakernas

foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V pada Sabtu (7/12/2019) di Hotel Millenium Jakarta. Agenda yang dibahas penyelenggaraan Kongres PAN pada tahun depan.

"Agenda tunggal untuk menentukan jadwal waktu pelaksanaan kongres," kata Ketua Steering Committee (SC) Saleh Partaonan Daulay Kamis (5/12/2019).

Tema rakernas kali ini 'Bersatu Meraih Kemenangan'. Rakernas ini akan diikuti oleh pengurus harian, ketua majelis pertimbangan partai, ketua mahkamah partai, ketua dan sekretaris DPD provinsi, serta ketua DPD kabupaten/kota sebagai peninjau.

"Ketua-ketua DPD se-Indonesia akan diundang sebagai peninjau. Sementara itu, anggota legislatif dan kader yang menduduki jabatan di eksekutif juga akan diundang. Diharapkan semuanya dapat memberikan masukan yang konstruktif bagi persiapan pelaksanaan kongres yang akan datang," ujar Saleh.

Menurut Saleh, dari hasil rapat SC sebelumnya, Kongres PAN akan dilaksanakan sekitar bulan Februari-Maret 2020. Itu artinya, waktu pelaksanaan kongres tinggal dua bulan lagi.

Dia menambahkan, Dewan Pimpinan Pusat PAN memberi kesempatan kepada DPD-DPD mengajukan diri sebagai tuan rumah kongres. Beberapa wilayah tersebut selanjutnya dibawa ke rakernas untuk dipilih salah satu di antaranya sebagai tuan rumah.

"Setelah itu, DPP PAN nantinya akan memilih beberapa di antaranya yang dinilai memiliki kualifikasi berdasarkan proposal yang diajukan," kata Saleh.

Dia menjelaskan, di dalam AD/ART PAN disebutkan bahwa masa bakti setiap kepengurusan adalah selama-lamanya lima tahun. Atas dasar itu, di dalam rapat panitia pengarah beberapa hari yang lalu, ditetapkan bahwa pelaksanaan kongres akan dilaksanakan pada kisaran bulan Februari dan Maret 2020.

"Sementara tanggal pelaksanaannya diserahkan pada permusyawaratan di rakernas nanti," kata Saleh.

Diketahui, PAN akan memilih pimpinan baru partai pada Kongres yang akan dilaksanakan. Sejumlah nama pun mencuat sebagai kandidat caketum, diantaranya petahana Zulkifli Hasan, Mulfahcri Harahap, Bima Arya, Asman Abnur, dan Hanafi Rais yang merupakan putra Amien Rais.


(Mahendra Bungalan/CN34/SM Network)