• KANAL BERITA

Pemkab Jepara Bangun 190 Rumah Bersubsidi Rp 35 Juta

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JEPARA, suaramerdeka.com – Tahun depan, Pemkab Jepara menyiapkan sekitar 190 unit rumah berbasis komunitas untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Rumah dari Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memperoleh subsidi Rp 35 juta per unit.

Tahun 2020, Pemkab Jepara memperoleh jatah 190 unit rumah berbasis komunitas. Setiap unit rumah ini akan menempati lahan 72 meter persegi dengan luas banguan 36 meter persegi. Syarat mendapatkan rumah itu masyarakat harus membentuk komunitas terlebih dahulu.

''Untuk tanahnya, tahap pertama nanti kami akan siapkan lahan seluas dua hektare di Desa Kuwasen, Kecamatan Jepara,''  kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Jepara Ashar Ekanto pada konferensi pers, Rabu (4/12).

Program pemerintah itu untuk membantu masyarakat dalam kepemilikan tempat tinggal dengan harga terjangkau dan dilengkapi dengan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) memadai.

Namun, untuk mendapatkan rumah tersebut, masyarakat harus membentuk komunitas terlebih dahulu. Saat ini ada sekitar 400 warga mendaftarkan diri. Selanjutnya akan diseleksi sesuai syarat dan ketentuan.

''Syarat kepemilikan rumah ini adalah adalah berpenghasilan maksimal Rp 2,5 juta, belum memiliki rumah, dan sudah berkeluarga,'' terangnya.

Untuk tahap awal peluncuran rumah berbasis komunitas ini, Disperkim mengutamakan komunitas dari penghuni rusunawa. Alasannya adalah upaya peningkatan kemampuan masyarakat dari pengontrak mejadi pemilik rumah.

Rumah berbasis komunitas ini akan dibangun awal tahun depan dan diperkirakan akan rampung dalam waktu lima bulan. ‘'Meski kuota terbatas, tidak menutup kemungkinan akan dimasukkan daftar antrean pada program selanjutnya,'' kata Ashar Ekanto.


(Septina Nafiyanti/CN39/SM Network)