• KANAL BERITA

Bantuan Keuangan Gubernur Jabar Terserap Rp 700 Miliar

Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi
Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Masih adanya program pembangunan di kabupaten dan kota yang belum terealisasi melalui dana bantuan Gubernur Jabar pada tahun ini ditandai dengan alokasi anggaran yang masih belum terserap seluruhnya.

"Total anggaran bantuan keuangan itu mencapai Rp 900 miliar. Dari jumlah tersebut sekitar Rp 200 miliar yang belum terserap, tapi 80 persen itu terealisasi karena secara umum memang bisa dikerjakan semua," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Jabar, Eddy Iskandar Muda Nasution di sela-sela Koordinasi Perangkat Daerah (Kopdar) dengan Bupati dan Wali Kota Se-Jabar di Ciloto, Kabupaten Cianjur, Selasa (3/12).

Menurut dia, kondisi tersebut dipengaruhi sejumlah faktor di antaranya persoalan ketidaksiapan, nomenklatur, lahan, hingga persinggungan dengan proyek pembangunan lainnya. Salah satunya revitalisasi Kali Malang, Bekasi mengingat di kawasan tersebut dilakukan pula pembangunan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). "Anggaran dan desain di Kalimalang tak ada masalah, tapi ini kan keganggu tol sehingga ditunda lagi," jelasnya.

Proyek-proyek lainnya di antaranya pembangunan Alun-alun, creative centre, pusat budaya, dan pengembangan destinasi wisata di Karawang, Tasikmalaya, dan Cianjur yang masih terkendala. Meski demikian, Pemprov masih bisa memahami persoalan di lapangan sehingga anggaran tetap diberikan di tahun anggaran baru.

"Yang sering disalahtafsirkan adalah pembangunan alun-alun atau pusat kreativitas, itu sebenarnya untuk menggerakan ekonomi setempat, ada keramaian. Padalah pusat pertumbuhan itu mesti diciptakan," katanya.

Sedangkan proyek yang paling progresif dan menunjukan tren menggembirakan adalah revitalisasi Pantai Pangandaran yang sejak awal kencang digeber Ridwan Kamil. Tahun depan, Pemprov akan kembali melakukan gebrakan dengan melakukan penyegaran Bandara Nusawiru sehingga akses ke kawasan selatan itu makin mudah dijangkau.


(Setiady Dwi/CN26/SM Network)