• KANAL BERITA

Pemisah Lajur Keluar-Masuk Jalan Layang Dipermanenkan

Sejumlah pekerja memasang kanstin di Jalan Adisucipto, Selasa (3/12). (suaramerdeka.com/Yusuf Gunawan)
Sejumlah pekerja memasang kanstin di Jalan Adisucipto, Selasa (3/12). (suaramerdeka.com/Yusuf Gunawan)

SOLO, suaramerdeka.com - Seluruh ruas jalan yang menjadi akses keluar-masuk jalan layang Manahan akan dipasang separator (pemisah) lajur permanen. Pemisah kastin beton itu guna menekan potensi kecelakaan akibat pengendara kerap memutar balik di lokasi tersebut.

"Kalau tidak ada pemisah permanen, pengendara masih bisa menyelonong (memotong arus) sehingga bisa memicu kecelakaan," kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Arif Nurhadi, Selasa (3/12).

Arif menambahkan, saat ini pemasangan pemisah jalan berupa water barrier dinilai belum optimal lantaran separator sementara itu mudah dipindahkan atau digeser.

"Pembuatan kanstin sebagai separator itu rekomendasi dari Dinas Perhubungan (Dishub). Nanti lokasi pemasangan di Jalan Adisucipto, Jalan Dr Moewardi, dan Jalan MT Haryono," kata Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan DPUPR, Joko Supriyanto.

Pembuatan kanstin berbahan cor tersebut dibiayai APBD Perubahan 2019 sekitar Rp 1,5 miliar. "Pemasangan kanstin di Jalan Adisucipto akan dilakukan hingga perempatan Jalan KS Tubun. Untuk di Jalan Dr Moewardi nanti dipasang hingga perempatan Jalan Kenanga. Ada pun di Jalan MT Haryono ada di depan SMP Negeri 1," ujarnya.

Khusus di Jalan Adisucipto, menurut Joko, separator permanen tersebut menyisakan akses pengendara untuk memotong jalur di beberapa titik. Terutama sebagai akses masuk Gelora Bung Karno dan Plasa Manahan. "Saat ini di lokasi mulai dilakukan pekerjaan pemasangan kanstin tersebut," terangnya.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo mengatakan, pembangunan kanstin merupakan hasil kesepakatan dan evaluasi bersama antara Dishub, DPUPR, dan Satlantas Polresta Surakarta. Usulan pemasangan separator jalan permanen itu juga diterima Dishub dari warga.


(Agustinus Ariawan/CN40/SM Network)