• KANAL BERITA

Petani Durian Didorong Lakukan Diversifikasi Produk

Seorang petani menata hasil durian miliknya saat gelaran Festival Durian Lokal 2019 di komplek Alun-alun Purwokerto, belum lama ini. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Seorang petani menata hasil durian miliknya saat gelaran Festival Durian Lokal 2019 di komplek Alun-alun Purwokerto, belum lama ini. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Banyumas mendorong para petani durian di wilayah Banyumas, terus melakukan upaya diversifikasi produk, guna meningkatkan pendapatan usaha. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas, Widarso menilai, masih jarang petani di Banyumas mengolah durian menjadi produk turunan yang berdaya jual.

Dia menyebutkan, Banyumas mempunyai potensi sebagai penghasil produk pertanian seperti halnya durian cukup tinggi. Namun diakui, kebanyakan petani hanya menjual buah durian kepada masyarakat. "Ada beberapa yang sudah mengolah buah menjadi produk turunan tetapi jumlahnya masih sedikit," ujarnya.

Dia menyebutkan, memang tak bisa disalahkan jika memang petani hanya ingin menjual produk buah kepada masyarakat. Namun demikian jika kedepan bisa membuat terobosan produk turunan yang bagus dan unik, tentu akan mempengaruhi nilai jual kepada masyarakat. "Durian sejauh ini hanya dijadikan es, dodol dan getuk," beber dia.

Namun demikian, pihaknya sangat berharap, kedepan banyak generasi muda tani di Banyumas melakukan terobosan pengembangan diversifikasi produk durian dalam berbagai bentuk yang unik, menarik dan beragam. Sehingga, masyarakat luas bisa menikmati durian dengan berbagai jenis olahan.

Menurut dia, Bupati Banyumas, Achmad Husein, juga mendorong agar kedepan upaya melakukan diversifikasi produk durian bisa terus digalakkan. Kondisi ini dinilai sangat diperlukan, guna memberikan pilihan kepada masyarakat bahwa durian Banyumas bisa dinikmati dengan berbagai jenis makanan olahan.

Senada, Kepala Bidang Bina Usaha dan Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas, Vivi Ani Kemala menambahkan, diversifikasi produk durian Banyumas saat ini sudah mulai dikembangkan para pengusaha dan petani di Banyumas. Pihaknya tentu sangat mendorong mereka untuk bisa semakin kreatif.

Dijelaskan, pada kegiatan festival durian di Alun-alun Purwokerto pada akhir November saja, sudah ada sejumlah produk turunan durian dijajakan. Antara lain kopyor durian, es durian, kebab durian dan puding durian. Tentu masih banyak lagi produk turunan durian yang bisa dikembangkan, agar hasil semakin maksimal.


(M Abdul Rohman/CN40/SM Network)