• KANAL BERITA

Ratusan Kantong Darah Terkumpul di Mal Ciputra

Seorang anak bermain game dengan ponsel saat menunggui orang tuanya yang mengikuti kegiatan donor darah “My Blood Can Save Life”, di atrium lantai dasar, Selasa (3/12). (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)
Seorang anak bermain game dengan ponsel saat menunggui orang tuanya yang mengikuti kegiatan donor darah “My Blood Can Save Life”, di atrium lantai dasar, Selasa (3/12). (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sebanyak 401 kantong darah berhasil dikumpulkan dari kegiatan donor darah “My Blood Can Save Life”, di atrium lantai dasar, Selasa (3/12). Dalam rangkaian kegiatan “CL Care 25 Years” yang digelar Mal Ciputra Semarang tersebut mendapat antusiasme pengunjung mal. Mall Manager Ciputra Semarang, Ani Suyatni mengatakan, pihaknya mencatat sebanyak 600 pengunjung mendaftar untuk menyumbangkan/mendonorkan darahnya dalam kegiatan tersebut. Namun, hanya 401 orang yang lolos melalui pengecekan syarat menjadi pendonor.

“Kegiatan kami ini digawangi oleh PMI Kota Semarang. Awalnya ada 600 pengunjung mal yang ingin mendonorkan darah. Namun, sesuai persyaratan jumlah pendonor yang terseleksi layak baik dari segi usia dan kondisi kesehatan hanya 401 orang. Meski demikian, kami cukup bangga kepada animo pengunjung mal untuk menyumbangkan darahnya untuk menolong sesame tersebut,” jelasnya.

Dalam persyaratan pendonor, Any mengatakan, bahwa peserta dibatasi untuk usia 17 tahun keatas. Syarat lainnya seperti berat badan, suhu badan, tekanan darah, denyut nadi, dan haemoglobin menjadi perhatian utama tim medis sebelum dilakukan donor.

Berbeda dengan donor pada umumnya, event kali ini Mal Ciputra juga menyiapkan sejumlah door prize menarik. Di antaranya dua buah smart phone, satu voucher Hotel Ciputra dan 10 voucher belanja masing-masing senilai 200 ribu rupiah. Tiap pedonor berhak mendapatkan satu kupon doorprize.

Disediakan juga 500 bingkisan menarik bagi semua pedonor. Khusus bagi 200 pedonor pertama, Mal Ciputra menyiapkan tambahan bingkisan.

Sembari berdonor, panggung dimeriahkan penampilan sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang tergabung dalam YOT (Young On Top) Semarang.

Bagi Mal Ciputra, donor darah bukan hal baru. Tahun 2002 silam, Mal Ciputra pernah tercatat dalam Muri (Museum Rekor Indonesia) dengan rekor Pemrakarsa Penyelenggara Donor Darah Sehari "Kita Dapat Menolong" dengan peserta 1.488 orang.

“Selain event yang sifatnya entertainment, kami juga concern untuk kegiatan kemanusiaan seperti donor darah kali ini,” ujar Ani.


(Maulana M Fahmi/CN40/SM Network)