• KANAL BERITA

Pastikan Pembangunan di Kab/Kota, RK Bentuk Desk Bantuan Gubernur

Foto suaramerdeka.com/Setiady Dwi
Foto suaramerdeka.com/Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Guna memastikan pemanfaatan bantuan keuangan dari Pemprov ke kabupaten dan kota, Ridwan Kamil memutuskan untuk mendirikan desk bantuan gubernur. Desk tersebut diharapkan bisa mengakselerasi program-program unggulan di daerah.

"Itu merujuk hasil evaluasi bahwa masih terdapat aspirasi dari daerah yang hilang dalam pengajuan," katanya usai Rapat Koordinasi Perangkat Daerah (Kopdar) dengan Bupati dan Walikota Se-Jabar di Ciloto, Kabupaten Cianjur, Selasa (3/12).

Menurut dia, kehadiran lembaga tersebut diproyeksikan bisa meminimalisir kesalahan sekaligus melakukan monitoring terhadap penggunaan dana bantuan gubernur. Desk tersebut pun bersifat memberikan panduan menyeluruh yang difasilitasi Bappeda.

"Jadi desk itu khusus untuk tanya jawab, mengclearkan permasalahan aspirasi seperti dana alokasi khusus. Dengan begitu, pembangunannya lancar karena mudah terlacak macetnya di mana," jelas mantan Walikota Bandung itu.

Emil pun ingin langkah tersebut bisa memberikan pemahaman secara utuh ke daerah terlebih dengan penggunaan teknologi digital terutama dalam proses pemanfaatan anggaran 2021. Pasalnya, masih ada daerah yang masih gagap dalam melakukan eksekusi perencanaan melalui e-planning.

"Ada beberapa pihak yang tak paham tentang e-planning, bahwa penyampaian itu harus dilakukan secara online yang ada batas waktu habisnya, dan ini oleh beberapa pihak tak dipahami sehingga terjadi dinamika politik baik di provinsi maupun di kota dan kabupaten," jelasnya.

Dengan terobosan tersebut, Ridwan Kamil optimis penyerapan anggaran bisa semakin optimal sehingga derap pembangunan di Jabar semakin dirasakan masyarakat. Terlebih testimoni yang diungkapkan melalui Kopdar cukup positif. Di antaranya derap pembangunan Sumedang yang lebih lancar.


(Setiady Dwi/CN19/SM Network)