• KANAL BERITA

100 Wanita Pengusaha Mikro Jogja Disuntik Modal Usaha

ANTUSIAS: Sejumlah ibu-ibu tampak antusias saat mengikuti Launching dan Workshop Social Loan di Kantor Koperasi Syariah yang berada di kawasan Warungboto Kota Jogja. (Foto suaramerdeka.com/dok)
ANTUSIAS: Sejumlah ibu-ibu tampak antusias saat mengikuti Launching dan Workshop Social Loan di Kantor Koperasi Syariah yang berada di kawasan Warungboto Kota Jogja. (Foto suaramerdeka.com/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com- Yayasan Wafaa Indonesia bekerja sama dengan Koperasi Syariah GEMI Jogja mengadakan Launching dan Workshop Social Loan di Kantor Koperasi Syariah yang berada di kawasan Warungboto Kota Jogja. Kerja sama ini ditandai dengan penyuntikan bantuan modal usaha dan pelatihan usaha bagi ratusan perempuan pengusaha mikro yang ada di Kota Pelajar.

"Dari kerja sama ini total ada sekitar 100 pengusaha wanita yang mendapatkan suntikan modal usaha," papar Ketua Yayasan Wafaa Indonesia, Taufik Ramlan Wijaya.
Dia berharap dengan kerja sama antarlembaga, maka program pemberdayaan ekonomi mikro dapat menjangkau masyarakat lebih banyak, sehingga dapat memberikan impact yang lebih luas terutama dalam peningkatan pendapatan usaha dan keluarga masyarakat Indonesia. 

Adapun Ketua Pengurus Koperasi Syariah GEMI Ekantini Puji Basuki menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Wafaa Indonesia atas kerja sama dan dukungannya terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat. "Para peserta workshop harus bisa  memanfaatkan program ini dengan optimal supaya dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola usahanya, sehingga cita-cita untuk mewujudkan peningkatan taraf hidup dapat tercapai dengan baik," sambung dia.

Adapun kegiatan workshop dibuka oleh Kepala Seksi Pengawasan Koperasi Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah DIY, Hadi Suryono. Menurut dia, mengantarkan usaha kecil menengah (UKM) berkembang dengan cepat tentu saja bukan hal yang mudah bagi para pelaku usaha. Agar usaha kecil bisa berkembang menjadi besar pelaku bisnis membutuhkan strategi jitu agar usaha kecil dapat berkembang dengan baik sesuai dengan yang diinginkan.

"Dalam menumbuhkan usaha mikro, yang jelas perlu kerjasama antar lembaga," ujar Hadi berbicara dalam launching dan workshop tersebut.

Dia menambahkan, dalam kerja samanya, koperasi bisa menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk memperluas kebermanfaatan koperasi di masyarakat sehingga saling bisa support dan bergerak.

"Pemda DIY mendukung penuh upaya menumbuhkan usaha mikro yang digagas melalui pemberian bantuan modal usaha," tandas dia.


(Gading Persada /CN19/SM Network)