• KANAL BERITA

Anggota DPRD Dukung Aksi Damai KSPN Kabupaten Pekalongan

SAMPAIKAN DUKUNGAN: Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari Fraksi PAN, Candra Saputra menyampaikan dukungan terhadap perjuangan KSPN Kabupaten Pekalongan menyampaikan aspirasinya di depan Kantor Gubernur Jateng. (suaramerdeka.com/Agus Setiawan)
SAMPAIKAN DUKUNGAN: Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari Fraksi PAN, Candra Saputra menyampaikan dukungan terhadap perjuangan KSPN Kabupaten Pekalongan menyampaikan aspirasinya di depan Kantor Gubernur Jateng. (suaramerdeka.com/Agus Setiawan)

KAJEN, suaramerdeka.com - Sebanyak 35 orang aktivis buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Kabupaten Pekalongan, Rabu (20/11) ngluruk ke Kantor Gubernur Jawa Tengah di Semarang. Mereka berangkat menggunakan bus.

Mereka mendatangi Kantor Gubernur Jawa Tengah untuk bergabung dengan para aktivis KSPN dari daerah se-Jateng guna melakukan aksi damai menuntut agar Pemprov Jateng dalam menetapkan UMK berdasarkan KHL bukan berdasarkan PP 78.

Ketua KSPN Kabupaten Pekalongan, Turmudi menyampaikan, aksi damai ini untuk menyuarakan bahwa KSPN jawa tengah mendukung gubernur untuk menetapkan UMK berdasarkan KHL bukan berdasarkan PP 78. "Kami mendukung gubernur menetapkan UMK minimal 12,5% hasil penambahan dari inflasi dan pdrb 8,5% ditambah iuran BPJS 4%," kata dia

"Kami bersama pegiat KSPN se Jawa Tengah juga mendesak Gubernur untuk membuat instruksi survey KHL dengan komponen item KHL yang suda dikaji terbaru mulai Januari 2020 untuk penetapan UMK tahun 2021," sambungnya.

Pihaknya juga menentang keras pimpinan DPRD Jateng yang tidak peduli terhadap persoalan pengupahan, yang menyatakan kenaikan UMK hanya mengganggu investasi masuk.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari Fraksi PAN, Candra Saputra menyatakan dukungannya terhadap aksi damai yang digelar para aktivis buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Kabupaten Pekalongan.

Bahkan, dirinya bersama Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari Fraksi PAN lainnya, yakni Shinanta Previta Anggraeni turut menemaninya di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah di Semarang.

"Kami mendukung apa yang diperjuangkan oleh kawan kawan dari KSPN.  Kami ikut menemani dan mendukung saudara-saudara kami dari KSPN Kab Pekalongan dalam aksi damai di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo," ujarnya.

"Prinsip kami walaupun pait jika untuk kepentingan rakyat maka wajib kita perjuangkan. Sebab itu sudah menjadi tugas dan kewajiban kami sebagai wakil rakyat," imbuhnya.


(Agus Setiawan/CN39/SM Network)