• KANAL BERITA

PPP akan Usulkan Mbah Moen Sebagai Pahlawan Nasional

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Nama besar almarhum KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen dinilai sudah menjadi entitas bangsa. Hal itu karena selama ini apa yang dilakukannya, semata-mata untuk kebaikan bangsa dan negara.

“Tidak pernah beliau melakukan sesuatu hanya untuk golongannya atau pribadi. Sehingga, wajib hukumnya bagi para kader Partai Persatuan Pembangunan untuk meneruskan perjuangan dan teladan yang sudah dicontohkan oleh beliau,” kata Plt. Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa di DPP PPP, semalam.

Hal itu disampaikannya dalam peringatan 100 hari wafatnya Mbah Moen. Oleh karena itu, PPP juga berniat untuk mengusulkan agar pemerintah mengangkat mantan Ketua Majelis Syariah PPP itu sebagai Pahlawan Nasional.

“Mudah-mudahan. Insya Allah PPP akan memperjuangkannya. Karena Mbah Moen juga pernah menjadi laskar serta mengangkat senjata melawan penjajah pada masa revolusi,” ujarnya.

Namun usai kemerdekaan, kata dia, Mbah Moen justru tidak melanjutkan ‘karir’ sebagai tentara. Padahal saat pemerintah menyatukan laskar-laskar yang ada, untuk diformalkan menjadi tentara. “Hal itu karena beliau memilih untuk kembali ke pondok pesantren yang telah dirintis oleh ayahnya, “ ungkap Soeharso.

Acara yang digelar berbarengan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Tasyakuran Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional kepada salah satu pendiri PPP KH Masykur itu juga dihadiri sejumlah tokoh. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, mantan Sekjen PPP Tosari Widjaya dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin serta beberapa anggota DPR RI dari PPP.


(Saktia Andri Susilo/CN39/SM Network)