• KANAL BERITA

Kemenhub Dukung Pariwisata Super Prioritas

foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

BITUNG, suaramerdeka.com – Kementerian Perhubungan mendukung konektivitas pengembangan lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Salah satu kawasan pariwisata prioritas itu adalah Manado Bitung - Likupang.

"Kami siap mendukung KSPN Super Prioritas ini, baik dari aspek sarana, prasarana, sistem, maupun SDM (Sumber Daya Manusia)," kata Direktur Jenderal Perhubungan Budi Setiyadi pada Sosialisasi Peraturan, Kebijakan, dan Program Bidang Perhubungan Darat di Bitung, Sulawesi Utara, baru-baru ini.

Menurutnya sebagai salah satu KSPN, Manado Bitung-Likupang perlu dilakukan akselerasi pembangunan infrastruktur fisik dan kesiapan SDM serta sistemnya. Dirjen Budi mengatakan pihaknya akan membangun dermaga Lepeh dan Likupa, serta akan melanjutkan perbaikan Terminal Bus Tipe A Tangkoko, Bitung.

Provinsi Sulawesi Utara memiliki beberapa KSPN seperti kawasan ekonomi khusus pariwisata Likupang yang bisa dioptimalkan. Dengan begitu, pengembangan jaringan transportasi di dalam dan antarpulau diarahkan untuk mengintegrasi dan mengkombinasikan moda transportasi.

‘’Pengembangan yang ada sesuai dengan potensi wilayah daerah tersebut seperti konektifitas antara transportasi darat, udara, laut, sungai dan danau, penyeberangan,” ujar Dirjen Budi. 

Dalam kunjungannya ke Sulawesi Utara, Dirjen Budi didampingi Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Risal Wasal, dan Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Chandra Irawan. Selain menghadiri acara sosialisasi, Dirjen Budi bersama rombongan meninjau Terminal Bus Tipe A Tangkoko, Jembatan Timbang Wangurer, dan Pelabuhan Penyeberangan Likupang.


(Budi Nugraha/CN34/SM Network)