• KANAL BERITA

Puma 3x3 Semarang Terbaik

MASUKKAN BOLA: Pemain AKJ KU-18 tahun Semarang Andi (kanan) berusaha memasukkan bola saat bertanding pada final Kejuaraan Basket 3x3 Kota Semarang di Lapangan Basket SMP 4 Semarang, Minggu (17/11).(SM/Krisnaji Satriawan)
MASUKKAN BOLA: Pemain AKJ KU-18 tahun Semarang Andi (kanan) berusaha memasukkan bola saat bertanding pada final Kejuaraan Basket 3x3 Kota Semarang di Lapangan Basket SMP 4 Semarang, Minggu (17/11).(SM/Krisnaji Satriawan)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim basket 3x3 putra Puma KU-23  Semarang menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Basket 3x3 Kota Semarang yang berakhir di Lapangan Basket SMP 4 Semrang, Minggu (17/11). Keberhasilan ini tak lepas dari keberhasilan Puma menundukkan tim 3x3 AKJ Semarang dengan skor 8-6. Di bagian putri, gelar juara menjadi milik Putri 3x3 Sahabat A.

 

Pada kelompok KU-18 tahun, di bagian putra AKJ Semarang menjadi yang terbaik setelah di laga final mengalahkan putra Sahabat KU-18 tahun dengan skor 8-5. Sementara pada sektor putri, trofi juara berhak dimiliki oleh tim putri Sahabat Semarang. Pertandingan yang digelar sejak Jumat (15/11) itu, diikuti 22 tim dari berbagai klub di Kota Semarang dan sekitarnya.

Sekretaris Umum Pengkot Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Semarang Eko Prasetyo mengatakan, kejuaraan ini untuk mengembangkan nomor 3x3 yang menjadi bagian dari permainan basket selain nomor 5on5. Nomor ini telah resmi dipertandingkan pada Porprov Jateng 2018 lalu dan PON XX nanti. Karena itu, kejuaraan ini juga untuk menjaring pemain 3x3.

''Pada dasarnya secara permainan tak beda dengan nomor konvensional (5on5). Hanya ada beberapa aturan yang berbeda seperti luas lapangan yang separuh dari 5on5. Kemudian jumah poin jika memasukkan dan 3x3 hanya satu babak dengan durasi 10 menit,'' tutur Eko.

Pada Porprov Jateng 2018 lalu, diakuinya prestasi nomor 3x3 Kota Semarang kurang bersinar hanya mampu meraih perak melalui tim putri. Dengan kejuaraan 3x3 yang kali pertama digelar ini bisa menjaring pemain potensial yang masuk data base Perbasi Kota Semarang. Muaranya pada persiapan menghadapi Porprov Jateng XVI Jateng 2022 nanti.

''Kami akan berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan tim melalui berbagai program. Sehingga prestasi pada Porprov 2009 dan 2013 bisa diraih kembali,'' tandasnya.


(Krisnaji Satriawan /CN34/SM Network)