• KANAL BERITA

Kesederhanaan Nabi Muhammad SAW Jadi Teladan Gaya Hidup Sehari-hari

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

KLATEN, suaramerdeka.com - Babinsa Wadunggetas, Serda Amar, dari Koramil 22 Wonosari Kodim 0723 Klaten menghadiri undangan pengajian di Masjid Baiturrahman Dukuh Tegalduwur RT 04/02 Desa Wadunggetas Kec Wonosari Kab Klaten, baru-baru ini. Menurut Serta Amar, kegiatan pengajian akbar ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihadiri oleh Kades Wadunggetas, Babinsa, Babinkamtibmas, Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan warga Desa Wadunggetas lebih kurang 300 orang.

Dalam tausiyahnya Ustad Ahmad Yani S Ag dari Boyolali mengatakan, perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW baik sejak beliau masih muda mau pun setelah diangkat sebagai Nabi, antara lain teladan tentang gaya hidup sehari-hari, kebahagiaan dan kenikmatan hidup yang dirasakan oleh Nabi Muhammad SAW, bukanlah terletak pada kelezatan dan kemegahan hidup lahiriah, melainkan kebahagiaan dan kenikmatan yang ditemukan dalam kesederhanaan.

Tuntutan hidup sederhana yang didukung oleh kepribadian yang teguh, budi pekerti yang luhur serta tingkah laku yang penuh kasih sayang dan lemah lembut merupakan mahkota keindahan yang menghiasi kehidupan Nabi Muhammad SAW. "Dengan memperhatikan berbagai riwayat kehidupan Nabi yang menggambarkan bagaimana gaya hidup dan pergaulan beliau dengan orang-orang di sekitarnya, maka kesemuanya mencerminkan tingkah laku kesopanan dan kesederhanaan hidup," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Serda Amar, Babinsa Desa Wadunggetas mengatakan, pihaknya mengapresiasi dengan terselenggaranya acara Maulid Nabi Muhammad SAW, "Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal ini sudah menjadi tradisi keagamaan bagi umat Islam dan menjadi momentum yang tepat bagi kita untuk merenungkan dan meneladani kehidupan Rasullullah SAW," terangnya.

“Kegiatan ini merupakan tradisi masyarakat yang beragama Islam lebih memahami sejarah perjuangan dalam menyebarkan nilai-nilai agama Islam. Serta kehidupan Nabi dalam melaksanakan cara-cara beribadah yang baik dan benar dalam menegakkan akidah,” kata Babinsa.

 


(Red/CN40/SM Network)