• KANAL BERITA

Bawaslu Kab Semarang Butuh Panwas Kecamatan yang “Berkeringat”

Foto: istimewa
Foto: istimewa

UNGARAN, suaramerdeka.com - Bawaslu Kabupaten Semarang membutuhkan sosok petugas pengawas yang "berkeringat" untuk bertugas pada Pilkada Serentak 2020 mendatang. Selain harus mampu melaksanakan tugas dan wewenangnya dalam megawasai tahapan penyelenggaraan pemilihan di wilayah kecamatan, petugas Panwascam juga diwajibkan memperkuat pengawasan partisipatif di wilayah tugasnya.

Dalam merekrut Panwascam Pilkada 2020, Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Mohammad Talkhis mengatakan, pihaknya benar-benar menekankan kesungguhan Panwascam dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.

Menyusul, Panwascam akan bekerja penuh waktu, sehingga harus siap dalam situasi apapun dalam menjalankan perintah dari Bawaslu Kabupaten. “Pilkada 2020 ini dibutuhkan pengawas yang jujur, berintegritas, dan berkualitas serta <I>kober<P> menjalankan Program Jagongan Pemilu,” kata dia, Jumat (15/11).

Jagongan Pemilu merupakan program sosialisasi pengawasan partisipatif berbasis lingkungan dan budaya. Dalam Pemilu 2019, Bawaslu Kabupaten Semarang telah menggelar Jagongan Pemilu sebanyak 673 pertemuan pada 165 desa/kelurahan di 19 kecamatan.

Melalui kegiatan tadi setidaknya telah mengintervensi sedikitnya 20.023 orang dari berbagai kelompok sosial masyarakat. “Program ini akan diperluas lagi cakupannya. Maka dibutuhkan sosok Panwas yang mau berpikir, komunikatif, dan berkeringat,” tegasnya.

Pada Pilkada 2020, lanjut Talkhis, Bawaslu Kabupaten Semarang hendak merekrut Panwas Kecamatan sebanyak 57 orang karena setiap kecamatan akan ditugaskan 3 orang. Adapun persyaratannya, meliputi Warga Negara Indonesia, saat mendaftar berusia paling rendah 25 Tahun, tidak pernah menjadi anggota tim kampanye pasangan presiden, anggota DPR/DPRD serta pasangan calon kepala daerah dalam jangka waktu lima tahun.

Mengenai persyaratan lainnya , formulir pendaftaran maupun tata cara pendaftaran Panwascam, masyarakat dapat datang langsung ke Kantor Bawaslu Kabupaten Semarang Jalan Purnakarya Raya Gedanganak maupun melalui laman  https://semarangkab.bawaslu.go.id

Sebagai bentuk keterbukaan informasi, pihaknya juga sudah menginformasikan pengumuman pendaftaran panwascam melalui sosial media yang dimiliki Bawaslu Kabupaten Semarang. Selain itu juga ditempelkan pada papan pengumuman di kantor kecamatan dan kantor desa/kelurahan. “Seluruh saluran kami buka agar masyarakat lebih mudah ketika ingin mendaftar baik melalui media daring maupun konvensional,” jelas Talkhis.


(Ranin Agung/CN26/SM Network)