• KANAL BERITA

500 Kader PKK akan Jadi Mitra GoFood

DP3A dan Gojek Jalin Kerja Sama

KERJA SAMA:  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang, Mukhamad Khadik dan VP Region Gojek, Delly Nugraha menandatangani kerja sama disaksikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Kris Septiana Hendrar Prihadi di Balaikota. (suaramerdeka.com / M Khabib Zamzami)
KERJA SAMA: Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang, Mukhamad Khadik dan VP Region Gojek, Delly Nugraha menandatangani kerja sama disaksikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Kris Septiana Hendrar Prihadi di Balaikota. (suaramerdeka.com / M Khabib Zamzami)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sebanyak 500 kader perempuan penggerak PKK akan bergabung dalam ekosistem GoFood. Inisiasi itu terlaksana setelah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) menjalin kerja sama dengan Gojek di Balaikota, Kamis (14/11). Dengan kolaborasi itu, diharapkan dapat memberikan akses usaha yang lebih luas kepada perempuan di Semarang.

"Kerja sama ini meliputi pelatihan keterampilan kerja bertajuk Pemberdayaan Ekonomi Perempuan dan Generasi Muda Perempuan. Mereka akan mendapatkan kemudahan akses pendaftaran peserta program untuk menjadi mitra merchant GoFood. Di tahap awal, pelatihan dan penerimaan merchant GoFood dibuka untuk 500 perempuan," ujar Kepala Dinas DP3A, Mukhamad Khadik, kemarin.

Khadik menjelaskan, 500 kader itu merupakan alumnus program Pelatihan Peningkatan Potensi Ekonomi Perempuan angkatan 2017-2019 yang digelar Dinas DP3A. Setelah dilatih, ternyata mereka memiliki kendala utama dalam hal  pemasaran. Mereka dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam ekosistem gojek yang mempunyai jejaring berbasis online .

Gojek menandatangani perjanjian kerja sama dengan DP3A Kota Semarang. Mereka sepakat menyenyelenggarakan pelatihan dan membuka akses usaha kuliner melalui GoFood bagi kader PKK di seluruh kecamatan di Semarang. Kerja sama ini akan berjalan dalam tiga tahun ke depan.

VP Region Jateng DIY Gojek, Delly Nugraha mengungkapkan, sekitar 1.500 mitra perempuan Go Food telah berkontribusi pada perekonomian keluarganya. "upaya ini menjadi bukti nyata kontribusi para perempuan untuk pertumbuhan ekonomi di Semarang," katanya.

Imbuh Delly, Gojek melalui GoFood menawarkan super app GoBiz. Dengan GoBiz, mereka bisa mengakses data untuk membantu menganalisis performa bisnis dari waktu ke waktu hingga mengelola operasional sehari-hari. Menariknya, melalui aplikasi ini, merchant bisa secara mandiri mengatur dan menawarkan promo khusus untuk restoran mereka sendiri," ujar Delly.

Adapun, Ketua Tim Penggerak PKK, Kris Septiana Hendra Prihadi, mengatakan PKK terus mendorong upaya pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Istri Wali Kota Semarang itu mengapresiasi DP3 A dan Gojek yang telah memfasilitasi program kewirausahaan dan pemberdayaan perempuan anggota PKK di Semarang.


(Mohammad Khabib Zamzami/CN26/SM Network)