• KANAL BERITA

IATA Ikut Kembangkan Bandara Indonesia

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - PT Angkasa Pura II (Persero) menggandeng International Air Transport Association (IATA) untuk mengembangkan sejumlah bandara di Indonesia sehingga mampu meningkatkan level industri penerbangan nasional di skala global.

Untuk merealisasikan kerja sama itu, kedua belah pihak, PT Angkasa Pura II (Persero) dan IATA meneken nota kesepahaman (Memorandum of Understanding, Rabu (13/11). MoU diteken President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dan Regional Vice President Asia Pacific IATA Conrad Clifford.

MoU ini merupakan langkah awal kerja sama antara kedua pihak, yaitu PT Angkasa Pura II selaku pengelola 19 bandara di Indonesia dan IATA sebagai asosiasi perwakilan dari maskapai-maskapai di seluruh dunia. President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan kolaborasi antara Angkasa Pura II dan IATA diharapkan dapat secara luas mengembangkan sektor kebandarudaraan dan penerbangan nasional.

Saat ini, Angkasa Pura II mengelola 19 bandara, termasuk Soekarno-Hatta yang terbesar dan tersibuk di Indonesia. Sementara itu, IATA adalah asosiasi perwakilan maskapai-maskapai di seluruh dunia. "Kami berharap kolaborasi antara operator bandara dan perwakilan maskapai di dunia ini dapat turut meningkatkan level industri penerbangan nasional di skala global,” kata dia.

Menurut dia, MoU itu merupakan implementasi dari program Go Global Partnership yang dicanangkan Angkasa Pura II pada 2019. Pihaknya ingin bermitra dengan institusi yang sudah memiliki nama besar di dunia.

"Target kami adalah Angkasa Pura II dapat memperluas pasar di tingkat global, tidak hanya menjadi yang terbaik di Indonesia. “Kami yakin IATA dapat mendukung Angkasa Pura II mencapai visi ebagai The Best Smart-Connected Airport Operator in The Region. Apalagi kami juga tengah menjajaki pasar di Afrika dan Thailand,” kata Awaluddin.


(Budi Nugraha/CN26/SM Network)