• KANAL BERITA

Perkuat Transformasi Digital, Dompet Dhuafa Gandeng BRI Syariah

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Dompet Dhuafa bersama BRI Syariah menandatangani nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerjasama penyediaan dan pemanfaatan jasa layanan perbankan. DD Tekno yang merupakan unit usaha bisnis sosial yang berdiri pada tahun 2018 bertugas untuk mendukung organisasi Dompet Dhuafa bertransformasi dalam memasuki era digital.

"DD Tekno membangun aplikasi inklusi keuangan untuk digital  life style syariah seperti MUMU, sebagai jembatan antara transparansi dari donatur yang mengirim uang kepada  penerima manfaat terlihat  jadi uang itu transparan. Sehingga terjadi transparansi  sifatnya online, realtime dan tepat sasaran," kata CEO DD Tekno, Iskandar Syamsi saat melakukan penandatanganan kerjasama di ISEF (Indonesia Syaria Ekonomi Festival) 2019, Jakarta, Kamis (14/11).

Menurutnya, melalui 200 zona layanan di 34 Provinsi seluruh Indonesia, Dompet Dhuafa tidak hanya menerima donasi tetapi bisa menjadi basis bankingnya BRI  Syariah melalui Laku Pandai. "Kita harapkan  suatu saat nanti akan menjadi penyaluran bantuan donasi melalui Laku Pandai agar tepat sasaran, traansparan, akuntabilitas yang tinggi," tambahnya.

DD Tekno dan BRI Syariah bersepakat untuk berkolaborasi Dalam mendukung gerakan Financial Inclusion dan Cashless Payment yang diarahkan oleh pemerintah. Kerja Sama ini akan membawa perubahan pada layanan metode pengumpulan Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (Ziswaf) dari konvensional ke layanan digital.

Kerja sama ini juga akan mempermudah transaksi dalam penyaluran bantuan ke para dhuafa sekaligus sebagai mitra keagenan untuk layanan keuangan digital dan layanan keuangan inklusif yang dimiliki oleh BRI Syariah. Produknya antara lain Laku Pandai, transfer antar bank, remittance, simpanan pelajar, kur tanpa anggunan untuk komunitas binaan Dompet Dhuafa.

Pada penandatangan kerjasama tersebut turut dihadiri oleh Nasyith Majidi selaku Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Yayat Supriatna sebagai Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa, Imam Rulyawan MARS sebagai Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa serta Iskandar Syamsi sebagai CEO DD Tekno, sementara dari BRI Syariah dihadiri oleh Ngatari sebagai Direktur Utama, Kokok Alun Akbar sebagai Direktur Bisnis Komersil serta Fidri Arnaldy sebagai Direktur Bisnis Ritel.

“Pekembangan teknologi, mendorong semua perbankan syariah untuk ikut moderinisasi namun tetap menjaga syariah dan kerjasama dengan DD Tekno untuk pengembangan sisi layanan terbaik kepada masyarakat khususnya nasabah syariah”, tambah Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah Fidri Arnaldy.

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 26 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.


(Kartika Runiasari/CN26/SM Network)