• KANAL BERITA

Bantuan Air Bersih, Anggota DPRD Tagih Janji Pemkab Pekalongan

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

KAJEN, suaramerdeka.com - Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari Fraksi PKB, M Nasron menagih janji Pemkab Pekalongan soal janji akan menyediakan sumber air bersih di dua desa di Kecamatan Paninggaran, yaitu Desa Lambanggelun dan Kaliboja. Pasalnya, keberadaan sumber mata air bersih bagi masyarakat di dua desa tersebut penting terutama ketika musim kemarau guna mengatasi persoalan kekeringan.

"Persoalan air bersih ketika musim kemarau di Paninggaran terutama di dua desa tersebut memang menjadi permasalahan klasik. Untuk itu, kami minta supaya Pemkab Pekalongan segera merealisasikan janjinya agar masalah ini bisa teratasi," kata Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, M Nasron, Kamis (14/11).

Kemudian, lanjut dia, ketika Pemkab Pekalongan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melakukan peninjauan lokasi yaitu di Desa Lambanggelun, Kecamatan Paninggaran, kata Nasron, Pemkab Pekalongan akan memberikan bantuan sebesar Rp 100 juta dan dalam waktu dua hari akan cair. Dalam peninjauan itu, ia juga turut mendampingi Bupati Pekalongan Asip Kholbihi.

Atas dasar itu, lanjut politikus PKB dari daerah pemilihan Kecamatan Kajen, Paninggaran dan Kandangserang tersebut, masyarakat kemudian menagih kepadanya. "Lantaran saya ikut dalam peninjauan tersebut, masyarakat kemudian menagih saya. Saya pun akhirnya mengeluarkan uang pribadi saya. Uang itu digunakan untuk membeli saluran pipa sepanjang kurang lebih delapan kilometer," katanya.

Namun, dua bulan berjalan, dana bantuan yang telah disampaikan kepada masyarakat itu tak kunjung cair. Untuk itu, pihaknya meminta supaya Pemkab Pekalongan segera merealisasikan janjinya tersebut. "Apabila dana bantuan sebesar Rp 100 juta itu bisa cair kan bisa dibelikan pipa yang lebih besar untuk mengganti pipa yang ada saat ini, yang ukurannya hanya 1,2 inch. Dengan begitu air yang mengalir ke pemukiman warga lebih besar," ujarnya.


(Agus Setiawan/CN26/SM Network)