• KANAL BERITA

Bawaslu Rekrut Panwas Pemilihan Kecamatan se-Kota Semarang

PIMPIN RAPAT: Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin memimpin rapat pembentukan ketua klompok kerja dan sekretaris panitia pembentukan panwas kecamatan. (suaramerdeka.com / dok)
PIMPIN RAPAT: Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin memimpin rapat pembentukan ketua klompok kerja dan sekretaris panitia pembentukan panwas kecamatan. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pilwakot 2020 sudah didepan mata, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) KotaSemarang pun mulai membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam). Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin, menyampaikan proses rekrutmen Panwascam lebih panjang, karena melalui beberapa tahapan.   "Proses Pengumpulan Berkas Pendaftaran di mulai tanggal 27 November-3 Desember 2019 dimulai pukul 08.00-16.00," paparnya, Kamis, (14/11).

Sementaram untuk persyaratan pendaftaran, kata dia, sudah di publikasikan melalui website dan media sosial Bawaslu Kota Semarang. Selain memberikan pengumuman di website dan media sosial Bawaslu Kota Semarang, hari ini juga jajaran staf menempel pengumuman dan persyaratan di 16 Kecamatan se-Kota Semarang.

Tahapan pendaftaran itu dimulai 13 hingga 26 November pengumuman pendaftaran ke masyarakat Kota Semarang. Kemudian, dilanjutkan penelitian berkas kelengkapan mulai dari 27 November hingga 4 Desember. Sedangkan, Pengumuman Admistrasi pada 12 Desember 2019.

Selanjutnya, tes tertulis yang dilaksanakan serentak pada 13-17 Desember 2019 akan di monitor langsung oleh Bawaslu RI. Dengan sistem test socrative, hasilnya bisa langsung diketahui dan langsung tes wawancara. "Tahap terakhir, yaitu pengumuman hasil tes dan wawancara akan di laksanakan pada tanggal 18 Desember 2019, dan Pelantikan Pengawas kecamatan akan dilakukan langsung oleh Bawaslu Kota Semarang pada tanggal 22-23 Desember 2019," tuturnya.

Sementara itu, Camat Tugu, Anton Siswartono menyambut baik rencana Bawaslu merekrut anggota panwas kecamatan. Dia menyatakan kesiapannya menyambut Pilwakot 2020. Apalagi, Kelurahan Mangkang Wetan baru saja ditunjuk Bawaslu Semarang menjadi Kelurahan Pengawasan bersama Kelurahan Kandri dan Tandang pekan kemarin. Anton mengungkapkan, Panwascam pemilu 2019 juga telah menyatakan diri siap ditunjuk kembali.

"Pada pemilihan anggota DPRD Kota, Tugu menjadi salah satu wilayah yang memiliki tingkat partisipasi tinggi yakni mencapai 84,5 persen. Sedangkan Pilwakot tahun sebelumnya, tingkat partisipasi masyarakat mencapai 70 persen," bebernya.


(Mohammad Khabib Zamzami/CN26/SM Network)