• KANAL BERITA

Unnes Telah Lahirkan 112 Profesor

Tiga Guru Besar Dikukuhkan

PENGUKUHAN GURU BESAR: Rektor Unnes Fathur Rokhman (kiri) memberi selamat kepada tiga guru besar yang dikukuhkan di auditorium Unnes, Kamis (14/11).
PENGUKUHAN GURU BESAR: Rektor Unnes Fathur Rokhman (kiri) memberi selamat kepada tiga guru besar yang dikukuhkan di auditorium Unnes, Kamis (14/11).

SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengukuhkan tiga guru besar atau profesor atas nama Murbangun Nuswowati, Eva Banowati, dan Dyah Rini Indriyanti. Murbangun ini guru besar Bidang Ilmu Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Eva asal Geografi Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, serta Dyah dari Entomologi, Fakultas MIPA. Dengan penambahan tiga guru besar, maka Unnes total telah melahirkan 112 profesor.

"Secara keseluruhan telah ada 112 profesor Unnes, namun yang masih aktif ada 62 karena telah ada yang pensiun serta meninggal. Profesor ini jabatan tertinggi, dengan adanya penambahan tiga profesor akan meningkatkan reputasi akademik perguruan tinggi," kata Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum usai pengukuhan tiga guru besar di auditorium kampusnya, Kamis (14/11).

Setelah menjadi profesor, maka tugas selanjutnya harus mampu menunjukkan keunggulannya dengan semakin banyak berkarya.

Menurut dia, profesor harus terus meningkatkan pengembangan keilmuannya. Selain itu produktif dalam penelitian yang bereputasi internasional serta bermanfaat bagi masyarakat. Pengukuhan guru besar ini upaya perguruan tinggi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

Karenanya, Unnes juga mendorong para doktor serta lektor kepala untuk mengajukan proses menjadi profesor. Apalagi, daya tariknya bagus karena posisi akademik tinggi serta memiliki tunjangan kehormatan profesor. Jumlah doktor di Unnes kini sekitar 280 dari total dosen 1.200 orang.

"Memang persyaratannya rumit, tapi calon profesor itu perlu menyikapinya dengan sungguh-sungguh dengan membuat karya-karya terbaiknya," ungkapnya.

Sebanyak 62 profesor aktif di Unnes ini tergolong sedikit, tahun ini masih ada enam guru besar lagi yang akan dikukuhkan. Dalam upacara penerimaan jabatan profesor, Murbangun melakukan pidato pengukuhan tentang Mengembangkan "Kreativitas dan Literasi Lingkungan di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah".

Eva juga pidato pengukuhan dengan judulnya "Sinergi Partisipasi Dalam Realisasi Ketahanan Pangan dan Pengentasan Kemiskinan". Adapun, pidato pengukuhan Dyah berjudul "Agensia Hayati Pengendali Serangga Hama yang Ramah Lingkungan".


(Royce Wijaya/CN34/SM Network)