• KANAL BERITA

Ahok Bakal Jadi Bos Pertamina

Foto Istimewa
Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Santer isu yang beredar Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tengah disiapkan untuk mengisi posisi strategis di salah satu BUMN. Ahok nantinya akan mengisi posisi strategis di PT Pertamina. 

Kabar terakhir yang beredar, Ahok disebut kemungkinan besar ditunjuk sebagai Komisaris Utama Pertamina. Jika benar, dia otomatis akan menggantikan posisi Mantan Menteri BUMN, Tanri Abeng, di Holding Migas itu. 

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, saat dikonfirmasi enggan berkomentar lebih jauh terkait hal tersebut. Namun, dia tak membantah informasi tersebut.  "Lihat saja nanti," kata Arya, dilansir dari VIVAnews, Kamis (14/11).

Lebih lanjut, dia juga mengaku yakin Ahok akan melepas statusnya sebagai kader PDIP jika menjadi pejabat di BUMN. Sebab, menjadi seorang petinggi di BUMN, dilarang berkecimpung di dunia politik.

"Ya ini prosedural yang harus dipenuhi Pak Ahok. Dan kita yakin Pak Ahok sudah tahu mengenai hal ini," kata dia. 

Sebelumnya, pihak Istana Kepresidenan berkomentar soal rencana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang akan dijadikan petinggi di salah satu BUMN. Berdasarkan aturan BUMN, menjadi seorang direksi atau pun komisaris di perusahaan harus bersih dari latar belakang politik.

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, mengungkapkan, ada syarat bahwa untuk bisa ikut menjabat sebagai direksi atau komisaris di BUMN adalah tidak terlibat dalam partai politik. Ahok terakhir diketahui merupakan kader PDIP.

"Nah, kalau pun beliau mau masuk ke BUMN harus mengundurkan diri, karena BUMN itu ada surat semacam pakta integritas gitu, tidak boleh ikut dalam partai politik atau aktif dalam kegiatan politik," kata Fadjroel di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 13 November 2019. 


(Viva/CN19/SM Network)