• KANAL BERITA

Penjagaan Mapolres Temanggung Diperketat

Dampak Bom di Medan

DIPERIKSA KETAT: Pengendara beserta kendaraan diperiksa ketat saat akan memasuki Mapolres Temanggung. (suaramerdeka.com / Raditia Yoni Ariya)
DIPERIKSA KETAT: Pengendara beserta kendaraan diperiksa ketat saat akan memasuki Mapolres Temanggung. (suaramerdeka.com / Raditia Yoni Ariya)

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Pasca ledakan bom bunuh diri yang mengguncang Polrestabes Medan, membuat korps Bhayangkara lebih waspada. Hal itu seperti dilakukan jajaran Polres Temanggung dengan gerak cepat melakukan pengamanan markas dan memperketat penjagaan.

Dari pengamatan di pos penjagaan pintu masuk anggota Polri dengan senjata lengkap laras panjang tampak berdiri di luar pos. Kepada setiap kendaraan atau orang yang akan masuk diperiksa dengan ketat, dan baru diizinkan masuk setelah melalui penggeledahan barang bawaan maupun kendaraan.

Kabag Ops Polres Temanggung AKBP Edy Suprapto mengatakan, gerak cepat ini sebagai langkah antisipasi agar hal tidak diinginkan tidak terjadi di Temanggung. Pasalnya, ancaman teror bisa saja terjadi di mana saja dan kapan saja khususnya dengan sasaran markas kepolisian.

"Melihat perkembangan situasi adanya peledakan atau bom bunuh diri di salah satu markas kepolisian, maka perlu antisipasi kaitannya penjgaan keamanan markas komando. Untuk Polres Temanggung sendiri ada beberapa pos yang menjadi perhatian, yakni penjagaan depan dan belakang," ujarnya.

Dikatakan, penjagaan di depan Mako Polres Temanggung atau di pintu gerbang yang biasanya diisi oleh empat atau lima orang personel kini akan ditambah. Pun begitu dengan penjagaan di pintu belakang akan diperketat agar tidak ada kelengahan sedikit pun, sebab bagaimana pun juga pencegahan adalah kangkah paling tepat.

Demikian juga kata Edy, setiap orang yang akan masuk ke Mako Polres Temanggung akan diperiksa ketat siapapun tanpa terkecuali. Kemudian di luar jam pelayanan masyarakat semua pintu harus ditutup dan semua lampu hazard atau lampu sorot akan dinyalakan. Harapannya dengan demikian semua yang mau masuk akan terpantau.

"Kepada seluruh jajaran sudah kita ingatkan untuk membagi personilnya untuk tetap dalam kondis siaga. Instruksi ini juga kami sampaikan sampai jajaran Polsek, demikian juga dengan para perwiranya kita bagi untuk daerah-daerah pengawasan, dalam hal ini ada pengawasan melekat,"katanya.

Kendati demikian, untuk pelayanan masyarakat tetap akan berjalan sebagaimana mestinya pada siang harti atau jam layanan, sebab salah satu tugas pokok fungsi kepolisian adalah memberikan pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat. Hanya saja untuk masuk memang ada pemeriksaan ketat demi keamanan bersama.


(Raditia Yoni Ariya/CN26/SM Network)