• KANAL BERITA

Digembleng Perusahaan Korea Siswa SMK di Temanggung Siap Bekerja

BERI PENGARAHAN: Owner PT  Selalu Cinta Indonesia (SCI) Mr Song memberikan pengarahan kepada siswa SMK Muhammadiyah 1 Temanggung terkait dunia kerja di aula sekolah tersebut, Rabu (13/11). (suaramerdeka.com/Raditia Yoni Ariya)
BERI PENGARAHAN: Owner PT Selalu Cinta Indonesia (SCI) Mr Song memberikan pengarahan kepada siswa SMK Muhammadiyah 1 Temanggung terkait dunia kerja di aula sekolah tersebut, Rabu (13/11). (suaramerdeka.com/Raditia Yoni Ariya)

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Pj Sekda Kabupaten Temanggung Hary Agung Prabowo mengatakan, saat ini siswa SMK di Kabupaten terus digembleng sesuai dengan bakat dan minatnya agar kelak setelah lulus langsung siap terjun di dunia kerja tanpa canggung karena sudah memiliki keahlian sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Pemerintah daerah pun siap menyokong dengan menjadi penghubung dengan perusahaan agar terwadahi.

Hal tersebut dikatakan Agung, saat memberikan pengarahan dalam acara penandatanganan MoU antara PT SCI dengan SMK Muhammadiyah 1 Temanggung, untuk program pelatihan sewing untuk industri alas kaki bagi siswa SMK di Temanggung. Tampak hadir pula Mr Song dari Korea selaku pemilik perusahaan PT SCI.

"Ini perlu di syukuri adik-adik pelajar SMK di Kabupaten Temanggung, sebab setelah ini (ada MoU), tidak perlu bekerja ke luar, cukup di Temanggung dan berkarya di sini untuk membangun Temanggung. Ini luar biasa sekali, kesempatan emas, maka belajarlah yang rajin, kedua keterampilan apa yang akan diberikan untuk bisa bekerja harus dimanfaatkan dengan baik dan terwadahi betul,"ujarnya di aula SMK Muhammadiyah 1 Temanggung, Rabu (13/11).

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Temanggung Agus Nasokhan menuturkan, penandatangan kesepakatan antara pihak sekolah dengan PT SCI untuk rekruitmen pelatihan sewing bagi siswa SMK untuk penjahitan dan pemotongan sepatu sampai benar. Ini sebagai penyiapan awal rekruitmen siswa SMK se Kabupaten Temanggung untuk dapat dipekerjakan di perusahaan tersebut. Anak didiknya pun sejauh ini terlihat memiliki minat tinggi dengan adanya program pelatihan langsung dari perusahaan dan berharap kelak ketika lulus langsung bisa diterima kerja.

"Ini tidak hanya untuk siswa kami saja, tapi membuka peluang bagi semua siswa SMK maupun siswa SMA di Temanggung, untuk diberi pelatihan atau on job trainning, karena perusahaan menginginkan para calon tenaga kerja harus memiliki keahlian sesuai harapan. Ini peluang besar bagi anak-anak Temanggung karena perusahaan ini tahap awal membutuhkan 5.000 tenaga kerja dan tiga tahun ke depan membutuhkan lagi 15.000 karyawan,"katanya.

Pemilik PT SCI Mr Song mengatakan, sebelum menanamkan investasinya di Temanggung dia sempat bertemu dengan Presiden Jokowi dan setelah itu menemui Bupati Muhammad Al Khadziq. Maka dia sudah mantap dengan MoU adanya pelatihan satu bulan di SMK Muhammadiyah dan satu bulan di perusahaan, dan jika lulus siswa akan direkrut sebagai karyawan tetap. Harapannya nanti jika sudah diberi pelatihan benar-benar sudah siap bekerja.

"Hampir tiga jam saya bicara dengan Presiden Jokowi, dan beliau kaget saat tahu ada investasi di Temanggung yang langsung dibicarakan dengan Menteri Airlangga. Kami menginginkan tenaga kerja yang masuk kualifikasi dan saya harapkan itu dari Temanggung dari siswa-siswi ini. Kalau nanti di sini (Temanggung) bisa bagus kita akan tambah 15.000 karyawan,"katanya.


(Raditia Yoni Ariya/CN39/SM Network)