• KANAL BERITA

Ajak Veteran Kenali Penyakit Degeneratif

 CEK KESEHATAN: Veteran saat mengikuti cek kesehatan dalam acara Tribute to Veteran yang diselenggarakan Hotel Aston Inn Pandanaran di Gedung Juang 45, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Hendra Setiawan)
CEK KESEHATAN: Veteran saat mengikuti cek kesehatan dalam acara Tribute to Veteran yang diselenggarakan Hotel Aston Inn Pandanaran di Gedung Juang 45, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Hendra Setiawan)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Penyakit degeneratif merupakan penyakit kronis yang biasa dialami lansia. Penyakit degeneratif adalah kondisi kesehatan di mana organ atau jaringan terkait keadaannya yang terus menurun seiring waktu. Terjadi karena adanya perubahan pada sel-sel tubuh yang akhirnya memengaruhi fungsi organ secara menyeluruh.

Pada umumnya, proses penuaan menjadi penyebab penyakit degeneratif. Semakin bertambah usia, maka fungsi jaringan dan organ tubuh akan semakin mengalami penurunan. Itu sebabnya, orang lanjut usia (lansia) lebih mungkin mengalami berbagai jenis penyakit degeneratif dibandingkan dengan orang yang lebih muda.

Masih dalam suasana Hari Pahlawan, Aston Inn Pandanaran pun mengajak para veteran untuk bisa mengenali penyakit degeneratif. Tujuannya agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Berapa jenis penyakit degeneratif yang paling umum yakni Jantung, Osteoporosis, Diabetes, Hipertensi, dan kanker.

General Manager Hotel Aston Inn Pandanaran, Yuni J Manicha mengatakan, cek kesehatan ini diadakan pada acara Tribute to Veteran di Gedung Juang 45, Jl Pemuda, belum lama ini. Selain cek kesehatan, pihaknya juga memberikan sembako yang dikumpulkan dari seluruh karyawan Aston Inn.

''Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pahlawan. Kami ingin memberikan penghargaan kepada para Veteran yang telah memperjuangkan jiwa dan raga mereka,'' ujar Yuni, kemarin.

Beli Peralatan Kesehatan Lengkap dan Harga Terjangkau di Sini

Dalam cek kesehatan dan Seminar tentang penyakit Degeneratif, pihaknya menggandeng RSU Hermina Pandanaran. Seminar diisi langsung oleh Dr Rachmat Riadi Sp PD. Dia merupakan dokter spesialis penyakit dalam di RSU Hermina Pandanaran.

Hadir juga dalam acara itu, yakni Ketua DPC Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Semarang, Letkol Laut Purn HJ Soedjani SH. Kemudian Ketua DPD LVRI Provinsi Jateng, Kolonel Purn M Amin Munadjat SIP MSi, serta perwakilan dari Manager Pelayanan Media RSU Hermina Pandanaran, De Edwin Sanjaya.

Selain cek kesehatan dan bagi sembako, Aston Inn juga menampilkan live cooking oleh Executive Chef, Triganjar Saputra. Ini untuk menghibur sekaligus menyajikan makaman bagi tamu undangan yang hadir.  Chef Triganjar membuat Selat Solo sebuah makanan tradisional khas Indonesia.

''Gedung Juang 45 merupakan sebuah simbol perjuangan. Karenanya, kami menggelar acara di sini. Bagi generasi muda, patut meniru semangat juang para veteran,'' imbuhnya.


(Hendra Setiawan/CN39/SM Network)