• KANAL BERITA

Penjualan Kendaraan Niaga Akan Lebih Baik di Akhir Semester Kedua

foto: suaramerdeka.com/Jati Prihatnomo
foto: suaramerdeka.com/Jati Prihatnomo

SEMARANG, suaramerdeka.com - Penjualan kendaraan niaga diprediksi akan lebih baik pada akhir semester kedua ini sampai tahun 2020 mendatang. Section Head of Central Java & DIY, PT Krama Yuda Tiga Berlian Motor, Andi Awaludin mengatakan, jika pada penghujung semester kedua ini, penjualan kendaraan niaga sudah mengalami perbaikan dibandingkan semester pertama, di mana permintaan pasar otomotif bisa dibilang lesu.

“Semester pertama bisa dibilang lesu, tapi saat ini pasar sudah lebih baik. Bahkan kami yakin tahun depan akan lebih baik. Pasalnya tahun politik sudah lewat, permintaan pun sudah mengalami kenaikan," ujarnya, usai ditemui di acara Truck Campaign Mitsubishi, di Hotel Po Semarang, baru-baru ini.

Foto: suaramerdeka.com/Jati Prihatnomo
Foto: suaramerdeka.com/Jati Prihatnomo

Secara nasional, lanjut Andi, bahwa kendaraan niaga Mitsubishi ditargetkan bisa terjual sebanyak 40.020 unit selama setahun. Sampai Oktober kemarin, data penjualan yang telah masuk sudah mencapai 70 persen dari target penjualan yang dicanangkan.

Secara market penjualan kendaraan niaga Mitsubishi masih diangka 50 persen. Untuk market share secara keseluruhan saat ini ada diangka 46 persen. Dengan keyakinan semakin membaiknya pasar di otomotif jelang akhir tahun dan awal tahun nanti, dirinya menargerkan target penjualan bisa tercapai.

“Semester kemarin kami berusaha agar market kami tidak mengalami penurunan, dari segi penjualan kontribusi terbesar ada pada Colt Diesel dan Fuso, masing-masing diangka 55 persen dan 25 persen,” tambahnya.

Sementara itu, Branch Manager PT Sun Star Motor Banyumanik Semarang, Otniel Wijaya, juga meyakini jika penjualan kendaraan niaga akan lebih baik pada sisa tahun ini. Secara total penjualan, dalam sebulan pihaknya mengaku mendapatkan target menjual 150 unit kendaraan perbulan secara keseluruhan.

Angka tersebut 30 persennya adalah kendaraan niaga. Hadirnya Fuso ranger dengan jenis yang berbeda, menurut dia bisa memenuhi permintaan pasar yang di akhir tahun dan tahun 2020 mendatang.

“Dealer kami menyumbangkan kontribusi 30 persen untuk cabang Semarang, akhir tahun ini penjualan akan kami genjot dengan berbagai promo, tahun depan, kita targetkan penjualan bisa naik 10 persen. Apalagi Fuso memiliki 14 jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengusaha atau konsumen,” pungkasnya.

Ada pun dalam acara Truck Campaign kemarin, juga dilakukan hard selling, selama kurang lebih tiga jam sebanyak 133 Colt Diesel dan tujuh unit Fuso dipesan oleh konsumen. Acara tersebut juga dimeriahkan artis ibu kota Ashanti dan Aurel yang didatangkan menghibur konsumen yang hadir.


(Jati Prihatnomo/CN40/SM Network)