• KANAL BERITA

Cuci Mobil, Peluang Usaha Cukup Menjanjikan

Dua pekerja tempat cuci mobil di Dusun Nglerep, Desa Deyangan, Kecamatan Mertuyudan, Kabupaten Magelang, mencuci mobil konsumen. (suaramerdeka.com/Eko Priyono)
Dua pekerja tempat cuci mobil di Dusun Nglerep, Desa Deyangan, Kecamatan Mertuyudan, Kabupaten Magelang, mencuci mobil konsumen. (suaramerdeka.com/Eko Priyono)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Sejalan dengan cepatnya pertumbuhan mobil baru, membawa banyak peluang usaha yang terkait dengan mobil. Salah satunya adalah usaha cuci mobil.

Apalagi ada kecenderungan pemilik mobil baru lebih senang kalau kondisi mobilnya selalu dalam keadaan bersih. Untuk mencuci sendiri tidak semua orang bersedia. Maka, mencucikan mobil pun menjadi sebuah kebutuhan.

''Kalau saya daripada mencuci mobil sendiri mendingan dicucikan di tempat cuci mobil, apalagi air sumur di rumah saya kalau musim kemarau  airnya terbatas,'' kata salah satu pemilik mobil, Achmad (57).

Salah satu tempat cuci mobil langganan dia di Dusun Nglerep, Desa Deyangan, Kecamatan Mertuyudan, Kabupaten Magelang. Alasan dia memilih tempat itu karena dalam mencuci mobil tergolong teliti dan bersih. Menurut pantauan dia, awalnya mobil diguyur air lalu diberi sabun khusus.

Selanjutnya pekerjanya ketika mengelap air selain menggunakan lap, sekaligus disemprot angin. Dengan demikian tidak ada air yang tertinggal di body mobil. Kecuali itu kabin mobil juga disedot menggunakan alat penyedot debu.

Salah satu pekerja di tempat cuci mobil tersebut, Mamet, menuturkan, prinsip kerja dia, mobil konsumen yang dicuci menjadi bersih. Bila pemilik mengizinkan, mesinnya juga akan dibersihkan.

Dalam satu hari di tempat itu rata-rata mencuci 15 mobil keluarga. Hari kerjanya setiap hari, liburnya hari Jumat. Tarif yang diberlakukan tidak terlalu mahal, seharga Rp 30 ribu/mobil.


(Eko Priyono/CN40/SM Network)