• KANAL BERITA

Majalah Info Koperasi Bantu Pembinaan UMKM

FOTO BERSAMA: Pemimpin perusahaan Susanto Wedi (tengah) bersama Nomo Koeswoyo dan sejumlah pejabat foto bersama menunjukkan majalah Info Koperasi yang diluncurkan. (Foto suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)
FOTO BERSAMA: Pemimpin perusahaan Susanto Wedi (tengah) bersama Nomo Koeswoyo dan sejumlah pejabat foto bersama menunjukkan majalah Info Koperasi yang diluncurkan. (Foto suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)

KENDAL, suaramerdeka.com - Majalah Info Koperasi bakal menambah pengetahuan masyarakat tentang perkembangan koperasi yang ada di Indonesia. Majalah tersebut diluncurkan belum lama ini di Boja Coffee. Majalah tersebut bersegmentasi pada koperasi, bisnis, dan UMKM. Peluncuran majalah seri perdana ditandai pemukulan kentongan oleh sejumlah elemen seperti Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM Kendal, perwakilan Forkompimcam Singorojo, Boja, Limbangan, dan perwakilan gerakan koperasi. 

Pemimpin perusahaan, Susanto Wedi, menyampaikan terdapat tiga alasan yang melatarbelakangi terbitnya majalah Info Koperasi. Menurutnya, alasan pertama yakni peran serta gerakan koperasi sangat strategis. ''Koperasi di Indonesia pada 2018 telah memberikan konstribusi pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) mencapai 5,1 persen,'' kata dia. 

Alasan kedua, terang dia, fungsi pembinaan terhadap keberlangsungan gerakan koperasi dan UMKM bukan hanya tugas pemerintah, tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab bersama, termasuk pengurus koperasi. ''Majalah ini juga bertujuan membantu program pemerintah dalam membina koperasi dan UMKM serta menyampaikan informasi yang akurat, aktual, dan bertanggung jawab,'' tambahnya. 

Acara peluncuran cukup meriah karena dihadiri tokoh musik legendaris Indohesia, Nomo Koeswoyo. Nomo Koeswoyo menyajikan sejumlah lagu nostalgia Koes Plus Bersaudara seperti ''Ojo Podo Nelongso'', ''Bunder-bunder'', dan ''Andaikan Kau 

Perwakilan Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM Kendal, Hadi Maryono, mengatakan, pihaknya menyambut baik lahirnya majalah Info Koperasi tersebut. Dia berharao majalah tersebut bisa berfungsi sebagai pengembangan gerakan koperasi di Kabupaten Kendal, Jateng, dan nasional.


(Rosyid Ridho/CN19/SM Network)