• KANAL BERITA

Generasi Millenial Dikenalkan SKJ 2018 Djadoel

GELORAKAN SEMANGAT: Kepala Sub Bidang Pengembangan Pusat Kebugaran Kemenpora, Tri Maryati menggelorakan semangat olahraga kepada peserta SKJ 2018 Djadoel. (Foto suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)
GELORAKAN SEMANGAT: Kepala Sub Bidang Pengembangan Pusat Kebugaran Kemenpora, Tri Maryati menggelorakan semangat olahraga kepada peserta SKJ 2018 Djadoel. (Foto suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)

KENDAL, suaramerdeka.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar Festival dan Lomba Senam SKJ 2018 Djadoel. Kegiatan hasil kerja sama dengan LSM Gelegar dilaksanakan di halaman SMK 4 Kendal. Selain SKJ juga pengenalan senam poco-poco kepada generasi muda. 

Kepala Sub Bidang Pengembangan Pusat Kebugaran Kemenpora, Tri Maryati, mengatakan, SKJ 2018 Djadoel itu merupakan senam kebugaran jasmani hasil daur ulang SKJ tahun 1980, 1984, dan 2012. Musiknya juga menggunakan musik SKJ tempo dulu. ‘’SKJ tersebut kembali dibudayakan, hal itu agar generasi millenial mengetahui jika di Indonesia ada senam kebugaran jasmani dan setiap empat tahun sekali diluncurkan oleh Kemenpora,’’ kata dia. 

Dia mengatakan, sosialiasi SKJ 2018 Djadoel itu pada 2019 tersebar di 34 lokasi kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Di Jateng kegiatan tersebut dilaksanakan di Kabupaten Kendal. Pelaksanaan kegiatan oleh Kemepora diserahkan kepada pihak ketiga seperti yayasan atau lembaga swadaya masyarakat. ‘’Di Kendal pelaksanaan sosialisasi SKJ diserahkan kepada LSM Gelegar,’’ tuturnya. 

Ketua LSM Gelegar, Joko Pranowo, menambahkan, festival dan lomba itu diikuti peserta didik, guru, komunitas senam, dan masyarakat. Peserta senam bersama kurang lebih diikuti 1.500 orang dan lomba senam 30 kelompok. Masing-masing kelompok berjumlah lima orang. Kegiatan itu bertujuan mengajak masyarakat gemar berolahraga kapan saja dimana saja. ‘’Meski ringan, tetapi olahraga itu perlu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh,’’ jelas dia.  
  
Dirinya menyatakan, sudah sejak dahulu pemerintah menggelorakan olahraga melalui senam kesegaran jasmani. Seiring perkembangan jaman, banyak berbagai jenis senam seperti zumba, aerobik, dan sebagainya. ‘’Senam dipandu instruktur dari komunitas senam di Kendal,’’ terangnya. 


(Rosyid Ridho/CN19/SM Network)