• KANAL BERITA

Korem 073/Salatiga Latihan Penanggulangan Bencana Alam

SIMULASI: Para personel TNI melakukan latihan simulasi mengevakuasi korban banjir di Sumber Air Senjoyo, Tegalwaton, Tengaran. (suaramerdeka.com / Moch Kundori)
SIMULASI: Para personel TNI melakukan latihan simulasi mengevakuasi korban banjir di Sumber Air Senjoyo, Tegalwaton, Tengaran. (suaramerdeka.com / Moch Kundori)

TENGARAN, suaramerdeka.com - Komandan Korem (Danrem) 073/Salatiga Kolonel Moch Erwanjah mengatakan, potensi bencana di wilayah Salatiga dan Kabupaten Semarang yang perlu diwaspadai  di antaranya tanah longsor di lereng Gunung Merbabu dan Banjir di Rawapening. Meski begitu, ia mengimbau masyarakat tidak panik karena pemerintah setempat sudah menyiapkan antisipasi penanggulangannya termasuk personel Korem Salatiga.

"Sebetulnya tidak ada bencana besar yang perlu diwaspadai di wilayah korem 073/Salatiga ini. Paling memasuki musim hujan ini bencana banjir di wilayah pantura seperti Demak dan Rembang. Itu pun rob, bukan banjir.  Kemudian di wilayah Kabupaten Semarang ini bencana  paling besar mungkin tanah longsor di lereng Gunung Merbabu dan banjir di Rawapening," katanya usai menutup kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Korem 073/Makutarama Salatiga.

Latihan ini dipusatkan di bumi perkemahan Senjoyo, Tegalwaton, Kabupaten Semarang dengan melibatkan berbagai unsur baik dari Salatiga mau pun Kabupaten Semarang  seperti PMI, Satpol PP, Linmas, Pemadam Kebakaran, BPBD, polisi, dan lainnya. Ada pun personel TNI yang diterjunkan dalam latihan gabungan itu mencapai 750 orang.   

Menurut Danrem, kebakaran hutan di lereng Gunung Merbabu beberapa waktu lalu membuat dirinya kuatir banyak pohon rusak dan tidak berfungsi. Sehingga, bisa jadi itu menyebabkan longsor saat musim hujan tiba nanti. "Khusus Salatiga insayallah aman dari bencana. Sebab sejauh ini relatif tidak kegiatan-kegiatan yang merusak alam," katanya.

Mengenai latihan gabungan ini, Danrem menyebut, dilakukan setiap tahun yang melibatkan instansi terkait di wilayah Salatiga dan Kabupaten Semarang yang dilakukan Korem Salatiga. Tahun ini temanya adalah penanggulangan bencana banjir.


(Moch Kundori/CN26/SM Network)