• KANAL BERITA

Pengepul dan Perajin Gula Merah Terbantu Akses serta Publikasi TMMD Reguler Cilacap

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

CILACAP, suaramerdeka.com – Adalah Ratini (57) pengepul gula merah di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, salah satu penggiat home industri lokal yang terbantu akses hasil TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap, yaitu pengaspalan hotmix sepanjang 900 meter lebar 2,5 meter di Cilibang.

Ia menyatakan mendapatkan kemudahan jika harus jemput bola untuk mengambil dagangannya di tangan para perajin gula merah di Dusun Kalirau melewati Jalan Arjuna (450 meter) dan ke Dusun Beber melalui Jalan Beber yang diaspal juga 450 meter. “Kami berterima kasih atas pembangunan jalan di desa saya yang sangat memudahkan untuk mengambil gula merah. Kami menjadi lebih semangat lagi masuk ke pelosok desa,” ucap Ratini, Rabu (6/11).

Dirinya mengaku mendapatkan keuntungan bersih Rp. 50 ribu sehari dari penjualannya ke Pasar Wangon, Kecamatan Wangon, Banyumas, Jateng, dari pembelian senilai Rp 11.300 ribu dari para perajin.

Sekedar diketahui, ada beberapa industri rumahan pembuatan gula merah di Cilibang, salah satunya milik Yushartini (39), yang dalam seminggu mampu memproduksi 6 ton dengan penjualan ke Pasar Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan kemasan lima kilogram senilai Rp 55 ribu. Tak lupa juga keduanya mengucapkan terima kasih kepada para media yang telah mempublikasikan pengusaha kecil seperti mereka.

Itulah pengakuan pengepul dan perajin gula merah lokal Desa Cilibang atas pembangunan infrastruktur dan juga publikasi kegiatan TMMD Reguler aspek masyarakat, yang tentunya akan mendongkrak penjualan serta kesejahteraan juga bagi para pekerja setempat.


(Red/CN26/SM Network)