• KANAL BERITA

Muda Bukan Berarti Takut Maju

Kabinet Indonesia Maju di Mata Milenial

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

TAHUN ini, Joko Widodo kembali mendapat amanah untuk memimpin NKRI. Dalam masa periode 2019-2024 dengan kabinetnya bernama Indonesia Maju. Sebagai kepala negara Jokowi memiliki wewenang untuk memilih menteri, untuk membantu pelaksanaan program kerja.

Rabu (23/10) lalu, Jokowi telah melantik jejeran para menteri dan wakil menteri di Istana Negara, Jakarta. Ada yang berbeda dalam kabinet pemerintahan Jokowi kali ini, di mana dia mengangkat beberapa menteri yang berusia muda.

Masa pemerintahan terdahulu, pemuda belum dapat menjabat sebagai menteri ataupun petinggi negara. Pemuda dianggap belum matang dan siap untuk memikul tanggung jawab yang besar tersebut.

Banyak para petinggi negara memegang jabatan, setelah berusia diatas 50 tahun. Kenyataannya pola pemikiran pemuda saat ini telah maju, dibuktikan dengan adanya banyak kegiatan aspirasi mahasiswa dan pemuda dalam meraih prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Peran pemuda saat ini sudah selayakanya diapresiasi pemerintah, di mana pemuda masuk dalam jajaran kabinet sudah tepat momennya menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Salah satu menteri muda dalam kabinet Indonesia Maju yaitu Co founder aplikasi unicorn Go Jek, Nadiem Anwar Makarim. Ia diangkat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan. Nadiem yang memiliki latar belakang pendidikan yang berkualitas, dinilai dapat memajukan pembangunan pendidikan berkelanjutan di Indonesia. Meskipun banyak pro kontra tentang pengangkatannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, hanya dengan menunggu terobosan dan kinerjalah yang kita tunggu.

Harapannya dengan adanya campur tangan pola pemikiran anak muda, yang kritis dan inovatif. Dapat berkolaborasi dengan baik bersama generasi yang matang untuk membangun Indonesia lebih maju. Melalui tangan dinginnya, diharapkan pendidikan Indonesia akan lebih kreatif, lebih bisa merespon perkembangan jaman dan pendidikan bisa merata di seluruh pelosok.

Ditunggu kinerja dari Nadiem Makarim seperti kemajuan yang dicapai dari buah karyanya, seperti Go Jek, Go Food, Go Pay, dan aplikasi lainnya. Selamat bekerja, pemuda Indonesia!

Latifah Azmul Fauzi, Mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta

 


(Red/CN26/SM Network)