• KANAL BERITA

Wakil Dubes RI di Den Haag Bangga Terhadap Kain Batik Indonesia

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

DEN HAAG, suaramerdeka.com - Wakil Duta Besar RI menyampaikan rasa bangganya terhadap kain Batik Indonesia dalam One Day Batik Workshop di Den Haag. Kain Batik merupakan tradisi Indonesia dan telah menjadi identitas nasional, digunakan dalam berbagai kesempatan dari ritual keagamaan, hari-hari besar, dan maupun aktivitas sehari-hari.

Masyarakat Indonesia selalu mengenakan kain Batik dengan bangga karena selain sebagai identitas nasional, Batik juga telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada tahun 2009. Pemerintah Indonesia telah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik.

Salah satu peserta workshop, Fahlevi asal Belanda mengungkapkan bahwa dirinya sangat antusias mengikuti kegiatan workshop ini, karena selain mendapatkan informasi secara langsung bagaimana membatik oleh ahlinya, tapi juga seluruh peserta diberikan kesempatan melakukan proses membatik secara langsung.

“Betul-betul pengalaman yang unik dan menarik. Saya sampai ingin tidak pulang dari tempat ini dan terus membatik. Bahkan saya sudah mencatat seluruh informasi yang diberikan oleh KBRI Den Haag dan pemateri hari ini untuk dapat menindaklanjuti kerja sama ke depan.”kata Fahlevi.

Selain pelatihan, One Day Batik Workshop di Utrecht diramaikan juga dengan pertunjukan tari tradisional Indonesia dan kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta yang mayoritas merupakan warga negara Belanda.

Kegiatan One Day Batik Workshop baik di Den Haag maupun di Utrecht dapat terselenggara atas kerja sama dengan SBI serta didukung oleh berbagai pihak, antara lain Ambassador's Spouse Association (ASA), ASEAN Ladies’ Circle (ALC), Dharma Wanita Persatuan KBRI Den Haag, Friends of Indonesia, dan para diaspora Indonesia.

One Day Batik Workshop merupakan komitmen dari KBRI Den Haag untuk terus mempromosikan kekayaan budaya Indonesia dalam bentuk soft power diplomacy dan bertujuan untuk meningkatkan people to people contact antara masyarakat Belanda dan Indonesia.

Diharapkan kegiatan dapat memajukan hubungan kerja sama di berbagai bidang, seperti budaya, perdagangan, investasi dan pariwisata. Kegiatan ini juga selaras dengan program Pemerintah Indonesia dalam rangka mendukung peningkatan ekspor produk Indonesia ke luar negeri termasuk produk batik.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)