• KANAL BERITA

Pilkades Serentak 2019, Personel Brimob dan Samapta Polda Disiagakan

foto: istimewa
foto: istimewa

UNGARAN, suaramerdeka.com - Personel Brimob dan Samapta Polda  Jawa Tengah masing-masing sebanyak satu satuan setingkat kompi (SSK) akan disiagakan untuk mendukung pengamanan Pilkades 2019 yang akan berlangsung, Minggu (27/10). Mereka menurut Kapolres Semarang AKBP Adi Sumirat, akan mulai bergabung dengan personel Polres Semarang pada, Sabtu (26/10).

 

“Sabtu-Minggu (26-27/10) ada tambahan personel dari Brimob dan Samapta Polda Jawa Tengah, tujuannya untuk mendukung pengamanan,” kata Kapolres, usai Apel Pengamanan TPS Pilkades Serentak 2019 di Lapangan Polres Semarang, Jumat (25/10) pagi.

Cek harga tiket pesawat murah dan booking hotel di sini, banyak promo lho!

Ketika ditanya, apakah ada wilayah yang dianggap rawan? AKBP Adi Sumirat menjawab, dari hasil pemetaan dan kajian secara umum masih aman meskipun ada dua hingga tiga desa yang dinilai memiliki potensi kerawanan.

“Semua masih dalam tahap bisa dikendalikan sampai hari ini,” imbuhnya.

Disamping menyiagakan personel, Polres Semarang, kemarin, juga memusnahkan barang bukti miras sitaan yang terdiri atas 1.125 liter ciu, 1.427 liter tuak, dan 3.279 miras kemasan botol hasil cipta kondisi menjelang pilkades 27 Desember 2019 dengan cara digilas dengan alat berat. Sejalan dengan itu, pihaknya sudah mengeluarkan instruksi kepada personel Polri untuk meningkatkan kewaspadaan serta melaksanakan razia, serta penertiban.

Sebagaimana diketahui, pilkades serentak 2019 nantinya akan digelar di 44 desa di Kabupaten Semarang. Adapun jumlah TPS, ada 302 TPS dan setiap desa sesuai ketentuan minimal ada tiga TPS.

Pilkades kali ini diikuti oleh 116 orang calon kades, terdiri atas 102 orang calon kades laki-laki dan 14 orang calon kades perempuan. Ada pasangan calon kades suami istri di empat desa, yakni di Desa Gemawang Jambu, Desa Sukorejo (Suruh), Desa Munding (Bergas), dan Desa Siwal (Kaliwungu). Dari 44 desa yang menggelar pilkades 2019, ada 41 desa yang diikuti oleh calon kades petahana.

“Dengan pemusnahan miras ini, diharapkan nanti saat pelaksanaan pengamanan pilkades serentak di 44 desa tidak ada hal-hal yang mungkin mengganggu kamtibmas,” tegas Kapolres Semarang.


(Ranin Agung/CN34/SM Network)