• KANAL BERITA

Kisah Sukses Pendamping Desa Dibukukan

Kasubdit PKMD Direktorat PMD, Nursaid. (suaramerdeka.com / dok)
Kasubdit PKMD Direktorat PMD, Nursaid. (suaramerdeka.com / dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bakal mendokumentasikan kisah sukses pendamping desa ke dalam sebuah buku. Diharapkan, langkah tersebut bisa menjadi inspirasi sekaligus mengembangkan tradisi literasi.

Menurut Kasubdit Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa (PKMD), Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Nursaid, kisah sukses tentang desa oleh para pegiat desa, terutama pendamping desa selama lima tahun berjalan dianggap penting didokumentasikan dalam bentuk buku.

"Kita harapkan segera selesai agar menjadi media pembelajaran para pihak, sekaligus menjadi pemantik tradisi tulis bagi masyarakat," katanya saat Rapat Koodinasi Konsinyering Finalisasi Buku Story Telling Pendampingan Desa dan Refleksi Pendampingan dan Inovasi Desa dalam keterangan yang diterima, Sabtu (26/10).

Dijelaskan, buku kisah sukses pendampingan desa itu di antaranya mencakup konteks pembangunan dan pemberdayaan masyarakat berikut gagasan maupun kreasi dan inovasi yang dikembangkan di desa. Pihaknya ingin buku itu  menjadi best seller.

Dalam kaitan itu, pihaknya pun mendorong pendamping desa mau terus mengembangkan tradisi tulis atau literasi yang baik dan benar yang diharapkan melalui ide atau pun gagasan yang dituangkan bisa pula menginspirasi masyarakat.

Dengan begitu, lanjutnya, ruang media informasi pun sekaligus ikut berkembang termasuk di media sosial melalui konten-konten  positif tentang desa. "Ini penting dilakukan terus menerus sebagai jawaban atas kebutuhan mengisi ruang edukasi bagi masyarakat dan melahirkan kader-kader penulis yang handal," tegasnya.

Pihaknya akan mendorong tradisi literasi atau tradisi tulis di era kemajuan teknologi informasi di kalangan para pegiat desa sehingga dapat memberikan warna dan konten positif terkait informasi tentang desa. Rakor tersebut diikuti puluhan tenaga ahli yang menjadi kontributor dari Konsultan Nasional P3MD, Konsultan Nasional PID dan Sekretariat Program di lingkungan Direktorat PMD, Ditjen PPMD, Kemendes PDTT


(Setiady Dwi/CN26/SM Network)