• KANAL BERITA

Pertumbuhan Energi Listrik Demak di Atas Nasional

FOTO BERSAMA : Manager PLN UP3 Demak, Ahmad Samsuri berfoto bersama para pejabat Pemkab Demak dan forkopimda, di gedung Bina Praja. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
FOTO BERSAMA : Manager PLN UP3 Demak, Ahmad Samsuri berfoto bersama para pejabat Pemkab Demak dan forkopimda, di gedung Bina Praja. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Pertumbuhan energi listrik di Kabupaten Demak, menurut Manager PLN UP3 Demak, Ahmad Samsuri berada di atas capaian nasional. Di Kabupaten Demak tercatat pertumbuhannya sebesar 5,58 persen lebih, adapun pertumbuhan energi listrik nasional sebesar 5,15 persen.

"Dengan peningkatan tersebut tentu akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari pos pajak penerangan jalan umum," katanya dalam Multi Stakeholder Forum yang digelar PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Demak di gedung Bina Praja, Selasa (22/10).

Acara dihadiri Bupati Demak Muhammad Natsir, Ketua DPRD Fahrudin Bisri Slamet, Forkopimda dan sejumlah pengusaha dan tokoh masyarakat. Penerimaan PPJU tahun 2018 sebesar Rp 5,38 miliar atau mengalami peningkatan sebesar 12,77 persen dari tahun sebelumnya. Di tahun ini dengan rentang waktu Januari-Agustus perolehan PPJU sudah mencapai Rp 4,4 miliar. Jumlah itu menunjukkan ada peningkatan sebesar 15,03 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Rasio elektrifikasi di Kabupaten Demak telah mencapai 100 persen. Di mana jumlah pelanggan listrik rumah tangga telah mencapai jumlah KK. "Jadi semua rumah di Demak ini telah mendapatkan manfaat dari energi listrik," ungkapnya.

Menurutnya melalui forum diskusi yang menghadirkan stakehoder menguatkan sinergitas antara PLN, pemerintah sebagai regulator dan para investor/pengusaha dalam menggerakkan roda perekonomian. Dengan harapan dapat meningkatkan pelayanan dan profesionalitas PLN dan dapat memberikan manfaat yang baik bagi pertumbuhan ekonomi.

Diakui Bupati Demak Muhammad Natsir, PLN UP3 Demak telah banyak memberi pelayanan yang baik bagi masyarakat Demak. Menurutnya, energi listrik sudah menjadi bagian dari motor penggerak ekonomi dan pembangunan di kabupaten Demak. Bahkan mendukung program pemerintah sebagai Kabupaten ramah investasi.

Untuk itu, bupati minta PLN untuk selalu siap dalam menyediakan pasokan energi listrik, baik untuk kebutuhan dunia usaha, investor maupun bagi masyarakat umum. Termasuk di dalamnya adalah menjaga kestabilan pasokan energi listrik. Dia pun mengajak masyarakat agar tertib dalam membayar tagihan listrik tepat waktu, serta hemat dalam penggunaan energi listrik.


(Hasan Hamid/CN26/SM Network)