• KANAL BERITA

Pipa Pertamina Terbakar di Pinggir Tol Purbaleunyi

Foto: antara
Foto: antara

BANDUNG, suaramerdeka.com - Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) sempat lumpuh tak bisa dilintasi menyusul kebakaran hebat dari pipa milik Pertamina di sekitar Km 130, Kota Cimahi, Selasa (22/10). Api membumbung hebat setelah ribuan liter bahan bakar jenis Pertamina Dex terbakar. Dari keterangan yang dihimpun, kebakaran diduga terjadi terkait dengan aktivitas proyek kereta api cepat Bandung-Jakarta di pinggiran jalan bebas hambatan itu.

Seorang pekerja asing asal Tiongkok, operator crane paku bumi menjadi korban. Petugas gabungan hingga petang hari masih melakukan pengecekan di lapangan terkait dengan jumlah korban. "Satu orang WNA meninggal. Kami sendiri masih menyisir di lokasi karena saat kejadian informasinya simpang siur, terutama terkait jumlah pekerja saat peristiwa bermula," jelas Danru Damkar Kota Cimahi, Indrahadi saat dihubungi.

Kobaran api sendiri baru bisa dijinakan setelah petugas berjibaku selama hampir lima jam. Mereka kesulitan melakukan pemadaman secepatnya karena jenis kobaran api yang menghasilkan asap hitam pekat itu memerlukan foam khusus. Selain itu, BBM yang tersisa di pipa relatif banyak.

Hampir 20 kendaraan pemadam dari Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, KBB, dan Kota Bandung dikerahkan. Foam khusus yang dibutuhkan dari Pertamina baru datang sekitar Pukul 17.00. Pasalnya, bantuan tersebut terjebak kemacetan parah. Api pun berhasil dijinakan. Sekitar Pukul 18.15, lalu lintas kembali normal.

Jasa Marga yang mengetahui kobaran itu mulai Pukul 13.00, langsung melakukan rekayasa jalur dengan mengarahkan kendaraan ke jalur arteri. Pasalnya, tol utama di lintas selatan itu tak bisa dilintasi di kedua arah. Bahkan sejak Km 128, kendaraan tak bergerak. Arus dikeluarkan melalui GT Pasirkoja, GT Kopo, dan GT Pasteur.

Unit Manager Communication and CSR  Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami menjelaskan bahwa pipa yang terbakar pada saat aktivitas penyaluran BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang. Begitu kejadian, pihaknya langsung menghentikan aliran BBM yang melalui pipa tersebut. Mereka pun langsung fokus untuk melakukan pemadaman bersama instansi lainnya.

Pihaknya memastikan situasi tersebut tak mempengaruhi pasokan BBM kota Bandung dan sekitarnya terutama untuk jenis bahan bakar diesel. Pertamina pun tak mau berspekulasi atas kejadian yang menimpa jaringannya. "Pertamina memastikan pasokan BBM di Bandung dan sekitarnya aman. Untuk penyebab kebakaran saat ini masih dalam tahap investigasi. Kami meminta maaf atas ketidaknyamaman dari dampak kebakaran ini," kata Dewi Sri Utami


(Setiady Dwi/CN26/SM Network)