• KANAL BERITA

Cegah Stunting, Perlu Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Gemar Makan Ikan

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng, Ir Fendiawan Tiskiantoro MSi, saat memimpin FGD dalam rangka Hari Ikan Nasional ke-6 di ruang Rapat Asisten Sekda Jateng. (Foto suaramerdeka.com/Nugroho Wahyu Utomo)
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng, Ir Fendiawan Tiskiantoro MSi, saat memimpin FGD dalam rangka Hari Ikan Nasional ke-6 di ruang Rapat Asisten Sekda Jateng. (Foto suaramerdeka.com/Nugroho Wahyu Utomo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah menargerkan angka stunting di Indonesia bisa turun hingga 19 persen di 2024. Upaya yang dilakukan, antara lain dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan, termasuk gemar makan ikan. Komoditas perikanan sebagai bahan pangan yang mudah diproduksi dalam berbagai skala dan bergizi tinggi dihadapkan mampu jadi solusi penanganan stunting.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng, Ir Fendiawan Tiskiantoro MSi, saat membuka Focus Grup Discusion (FGD) dalam rangka Hari Ikan Nasional ke-6 di ruang Rapat Asisten Sekda Jateng, Gedung A lantai 4 Sekda Prov Jateng, Senin (21/10).

Terkait gerakan makan ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Suara Merdeka Comunity menggelar Peringatan Harkanas (Hari Ikan Nasional) ke-6 tingkat Jateng tingkat Jateng di Lapangan Drs Soepardi, Mungkid, Magelang, 30 November-1 Desember 2019.

"Kegiatan ini bisa menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat, serta menjadikan komoditas perikanan sebagai salah satu solusi dalam penanganan permasalahan gizi masyarakat," kata Fendiawan.

Caption

Di sisi lain, Fendiawan memambahkan, bahwa pihaknya juga akan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah dan pesantren untuk kampanye makan ikan, sekaligus edukasi ke para siswa atau santri terkait pentingnya konsumsi ikan. "Bahkan nanti kami juga akan menggelar upacara makan ikan," tambahnya.

Kegiatan Harkanas nanti juga akan diisi dengan penerbitan kartu nelayan Jawa Tengah, sebagai wujud penghargaan pemerintah daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan terhadap profesi nelayan. Kepemilikan kartu nelayan ini diharapkan jadi materi kongkret proses pemberdayaan nelayan sebagai mitra pemerintah dalam pengelolaan sumberdaya perikanan.

Penerbitan kartu nelayan ini akan berlangsung Minggu, 1 November 2019 di Lapangan Drs Soepardi, Kabupaten Magelang dan akan dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Puji Astuti, serta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Kegiatan lainnya adalah Rakor Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) dan Forikan Mengajar, serta Lomba Masak Ikan (30/11), Kampanye Gemarikan (1/12), Lomba Kontes Ikan Hias (30/11-1/12), Lomba Mancing (30/11), Lomba Fotografi bawah Air dengan syarat peserta mengirimkan hasil foto ke Dinas Kelautan Perikanan Jateng dari tanggal 10-25 November, Lomba VLOG  dengan tanggal pengiriman 17-30 November. 


 


(Nugroho Wahyu Utomo/CN40/SM Network)