• KANAL BERITA

Di Tengah 'Perempuan' TBY Umumkan Pemenang Lomba Naskah Teater

Taman Budaya Yogyakarta (Foto Istimewa)
Taman Budaya Yogyakarta (Foto Istimewa)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Setelah mengoreksi dan melakuan penilaian yang cukup cermat, akhirnya Taman Budaya Yogyakarta (TBY) Kamis (24/10) besuk pukul 20.00 WIB akan mengumumkan hasil sayembara/lomba penulisan lakon teater di kantor setempat.

Dewan Yuri telah berhasil memilih lima pemenang, yakni naskah Terbaik I, II, III, Harapan I dan II. Total hadiah yang akan dibagikan sebesar Rp 50 juta.

Setelah penyerahan hadiah akan digelar pementasan 'Perempuan-Perempuan Pembebas' Komunitas STEJA (Sinergi Teater Jogja).

Sayembara ini berlangsung sejak Maret 2019 dan diikuti 45 penulis dari DIY. Kepala TBY Drs Diah Tutuko Suryandaru menyambut, baik dan gembira lahirnya naskah-naskah teater baik secara kuantitas maupun kualitas.

''Semoga antusiasme ini terus terjaga, sehingga DIY semakin banyak memiliki penulis dengan karya berkualitas yang bermanfaat bagi perkembangan budaya masyarakat,'' ujar Diah Tutuko Suryandaru, kemarin.

Diah menjelaskan, banyaknya naskah lakon berkualitas berdampak pada mutu kreativitas dunia pemanggungan teater. ''Taman Budaya Yogyakarta selaku unit pelaksana teknis Dinas Kebudayaan DIY, memberi perhatian besar pada persoalan tersebut,'' katanya.

Dewan Yuri, lanjut dia, telah bekerja keras untuk memilih lima naskah pemenang. Ada tiga tahapan yang ditempuh. Yakni, seleksi awal secara tekstual, seleksi melalui presentasi dan seleksi melalui sidang dewan yuri yang berlangsung secara argumentatif, obyektif dan profesional.

Dewan Yuri terdiri dari Drs Hamdy Salad MA, Whani Darmawan, Ibed Surgana Yuga Ssn, Rusman Rosadi MSn dan Dr Kus Yuliadi Mhum. Adapun sebagai nara sumber yang mengawal lomba ini adalah Indra Tranggono dan Elyandra Widharta Ssn.


(Sugiarto/CN19/SM Network)