• KANAL BERITA

Latsar CPNS KPU untuk Cetak SDM Unggul

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Latsar CPNS KPU dilaksanakan guna menciptakan SDM unggul yang berhati Indonesia, berideologi Pancasila, yang toleran, yang berakhlak mulia, yang terus belajar, bekerja keras, dan berdedikasi.

Di samping itu, pihaknya turut mengapresiasi BDA Sukamandi yang telah menyelenggarakan pelatihan yang berkualitas, serta dapat memenuhi kebutuhan industri, sehingga tercipta SDM yang kompetitif dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan di tingkat regional dan global.

Sekjen KPU, Arif Rahman Hakim menuturkan, bahwa Latsar merupakan bagian dari komitmen KPU untuk mencetak ASN yang unggul, kompeten, bertanggung jawab, serta professional. Ia pun mendorong BDA Sukamandi menjadi Pusat Pengembangan ASN Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan berencana untuk mengirimkan Pejabat Eselon III dan IV KPU untuk melaksanakan Dilat Kepemimpinan di BDA.

Kepala Biro SDM KPU, Lucky Finandy Majanto, yang juga hadir dalam kesempatan tersebut, mengatakan bahwa usai menjalani diklat, para peserta akan kembali ke kantor masing-masing untuk selanjutnya mengaktualisasikan apa yang diperolehnya di unit kerja masing-masing. Kemudian dua bulan setelahnya mereka diminta untuk kembali ke Balai Diklat Aparatur (BDA) untuk menjalani seminar aktualisasi didampingi mentor masing-masing.

Diklat CPNS KPU diikuti 80 orang, yang terdiri dari 64 orang pusat, tiga orang dari DKI Jakarta, 10 orang dari Jawa Barat, seorang dari DIY, dan dua orang dari Jawa Timur.

Kegiatan ini terlaksana berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS dan Peraturan LAN Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pelatihan Dasar CPNS, mengamanatkan bahwa seluruh CPNS wajib menjalani masa percobaan selama 1 tahun (mulai tanggal pengangkatan), yang merupakan masa prajabatan, dan dilaksanakan melalui proses pendidikan dan pelatihan.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)