• KANAL BERITA

1.958 Orang Ikuti Turnamen Mancing Kakap

Para pemenang Turnamen Mancing Barramundi foto bersama dengan panitia penyelenggara dan tamu undangan. (suaramerdeka.com/dok)
Para pemenang Turnamen Mancing Barramundi foto bersama dengan panitia penyelenggara dan tamu undangan. (suaramerdeka.com/dok)

KENDAL, suaramerdeka.com – Sebanyak 1.958 pemancing meramaikan Turnamen Mancing Barramundi Piala Bupati Kendal II Tahun 2019 tingkat Nasional yang digelar di Pelabuhan Kendal, Minggu (20/10). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kendal Fishing Community (KFC).

Ketua Umum KFC, M Kholid Hidayatullah mengatakan, antusiasme peserta sangat tinggi. Peserta sebanyak 60 persen dari luar Kendal seperti Jakarta, Cirebon, Kalimantan, Sulawesi, dan lain sebagainya. ‘’Antusiasme pemancing yang ingin mendaftar sangat tinggi. Kami bahkan harus menolak sekitar 1.000 pendaftar. Target kami sebenarnya sekitar 1.500 peserta, tetapi karena banyak peminat, sehingga kami batasi hingga sekitar 1.900-an peserta,’’ kata dia, didampingi ketua panitia, Dian Kurniawan.
 
Dia mengatakan, turnamen mancing tersebut, merupakan event yang kedua. Event pertama digelar pada 2016 dengan diikuti kurang lebih 1.500 pemancing. Turnamen itu dilakukan dengan mandiri, tanpa adanya sponsor. Hadiah yang diberikan berasal dari iuran peserta. Hadiah yang disiapkan panitia adalah satu unit mobil Daihatsu Ayla, satu Honda Vario 150, dan satu Honda Beat CW. ‘’Mereka yang berhak mendapat hadiah berdasarkan berat ikan kakap yang berhasil dipancing,’’ jelasnya.

Kholid menyatakan, pihaknya sengaja menyelenggarakan di Pelabuhan Kendal, karena merupakan salah satu lokasi memancing kakap yang cukup bagus di Kendal. ‘’Kami rencanakan kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan. Tahun depan kami berencana menyelenggarakan jambore nasional komunitas mancing,’’ tutur dia.
 
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal, Sri Harjito, mengapresiasi kegiatan mancing tersebut. Turnamen mancing tersebut, sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat luar daerah, bila di Kabupaten Kendal memiliki pelabuhan. ‘’Turnamen ini sangat istimewa. Orang luar daerah jadi tahu tentang Kendal. Mereka bisa melihat potensi laut yang dimiliki Kendal,’’ jelasnya.

Setelah melalui proses penjurian, juara pertama diraih Wayank dari (Brangsong) yang berhasil mendapat kakap dengan berat 0,89 kilogram, juara dua Wiyono (Pegandon) dengan berat kakap 0,62 kilogram, dan juara tiga dimenangkan Dwi P (Indramayu) yang berhasil memancing kakap dengan bobot 0,58 kilogram.


(Rosyid Ridho/CN40/SM Network)