• KANAL BERITA

Ratusan Warga Berlatih Koreografi, Persiapkan untuk Indonesia Menari

Sejumlah warga berlatih koreografi tari yang diajarkan oleh instruktur. Ini merupakan rangkaian road show persiapan menuju Indonesia Menari di Taman Indonesia Kaya, Minggu (20/10). (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)
Sejumlah warga berlatih koreografi tari yang diajarkan oleh instruktur. Ini merupakan rangkaian road show persiapan menuju Indonesia Menari di Taman Indonesia Kaya, Minggu (20/10). (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Seratusan remaja menari dengan lincah memeriahkan kegiatan car free day di Taman Indonesia Kaya, Minggu (20/10).  Mereka berlatih koreografi perpaduan tarian tradisional dan modern sebagai persiapan Program "Indonesia Menari" yang akan ditampilkan secara serentak di Taman Indonesia Kaya pada 17 November mendatang. Tak hanya remaja, namun anak-anak yang hadir langsung bergabung mengikuti instruktur tari yang tampil energik.

Ke Semarang yuk, Lihat Taman Indonesia Kaya. Pesan tiket pesawat dulu ya.

Mau ke Semarang buat melihat keindahan Taman Indonesia Kaya, sudah pesan kamar hotel?

Perwakilan www.indonesiakaya.com, Billy Gamaliel, mengatakan di Kota Semarang, animo peserta yang mendaftar sangat luar biasa. Terbukti, dari sekitar 800 pendaftar, panitia hanya membatasi kuota sebanyak 500 penari.

foto: suaramerdeka.com/Irawan Aryanto
foto: suaramerdeka.com/Irawan Aryanto

''Tahun ini Indonesia Menari digelar serempak di tujuh kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan, Makasar dan Palembang. Khusus di Kota Semarang, kategori yang diperlombakan yakni kategori mandiri. Sedangkan enam kota lainnya ada kategori kelompok dan mandiri. Sedangkan total peserta di tujuh kota sebanyak 7.500 peserta,'' papar Billy.

Billy menambahkan, sejak tahun 2012 kegiatan Indonesia Menari selalu menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk berpartisipasi. Mendekati hari pelaksanaan, panitia menggelar road show dan pelatihan koreografi saat hari Minggu atau Car Free Day di tujuh kota diadakannya event ini. Seperti hari ini, digelar di Semarang dan Solo.

''Kami belum bisa menambah kuota, karena terpengaruh sistem penilaian dan terbatasnya lokasi penyelenggaraan. Untuk itu, nantinya akan kita bagi di beberapa titik. Jadi ada yang terpusat ditengah arena Taman Indonesia Kaya, ada pula di sekitar jalan taman,'' ungkap Billy.

Untuk penilaian hampir sama dengan tahun sebelumnya, untuk mendapat poin dan bisa masuk dalam lima terbaik pilihan juri maka peserta harus bisa menyelaraskan musik dengan gerakan, teknik menari yang baik, serta penilaian kostum.

foto: suaramerdeka.com/Irawan Aryanto
foto: suaramerdeka.com/Irawan Aryanto

Direktur Program www.indonesiakaya.com, Renitasari Adrian mengatakan, tahun ini pihaknya menggaet produser musik muda Indonesia, Jevin Julian untuk menggarap musik Indonesia Menari. Sebanyak enam lagu daerah yaitu Anging Mamiri, Ondel-Ondel, Sik Sik Si Batu Manikam, Dek Sangke, Gundul-Gundul Pacul, dan Manuk Dadali. Lagu daerah tersebut akan diaransemen dengan musik bernuansa elektronik khas Jevin Julian. Aransemen yang baru ini tentunya akan semakin menambah semangat para peserta untuk menjadi pemenang Indonesia Menari 2019.

Ufa Sofura kembali didapuk untuk menjadi koreografer Indonesia Menari 2019. Penari yang juga pernah menjadi juri audisi Indonesia Menuju Broadway ini mengemas gerakan tari tradisional secara modern, yang tentunya dapat diikuti oleh siapa saja. Indonesia Menari di Semarang akan dimeriahkan dengan kehadiran Galabby yang akan ikut menari bersama seluruh peserta dan juga menghibur para peserta dengan suara indahnya.


(Irawan Aryanto/CN40/SM Network)