• KANAL BERITA

Rekreasi Matematika Bantu Pariwisata

Seluruh tim rekreasi matematika berfoto usai peluncuruan dilanjutkan dengan uji coba di kompleks Taman Pintar Yogyakarta.(suaramerdeka.com/Agung PW)
Seluruh tim rekreasi matematika berfoto usai peluncuruan dilanjutkan dengan uji coba di kompleks Taman Pintar Yogyakarta.(suaramerdeka.com/Agung PW)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Tim Peneliti Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan MathCityMap Project IDMI Frankfurt Goethe University Jerman, berhasil mengembangkan rekreasi matematika berbasis aplikasi smartphone bernama MathCityMap di Taman Pintar Yogyakarta.

Beli handphone terbaik dulu di sini, sebelum download aplikasi yang anda inginkan.

Penelitian yang didanai Pemerintah Kota Yogyakarta bermaksud mengembangkan digital tourism di Taman Pintar Yogyakarta dengan target anak-anak sekolah dan masyarakat umum. Ketua peneliti, Dr Puguh Wahyu Prasetyo MSc mengungkapkan digital tourism merupakan keniscayaan yang harus dihadapi semua orang.

''Penggunaan smartphone sudah merambah ke anak-anak sehingga sektor pariwisata harus tanggap terhadap situasi ini. MathCityMap adalah aplikasi yang dikembangkan IDMI Frankfurt Goethe University Jerman. Aplikasi ini bertujuan memberi kesempatan anak-anak berinteraksi dengan matematika di sekitarnya, misalnya dalam kegiatan pengukuran atau pemecahan masalah. Uniknya, aplikasi mengharuskan siswa berinteraksi dengan objek di sekitarnya, untuk dapat memecahkan masalah yang disajikan pada smartphone masing-masing,'' papar Puguh.

Pada saat soft launching kemarin, telah dikembangkan 26 tantangan matematika yang dikombinasikan menjadi beberapa rute dan melibatkan 10 titik di playground Taman Pintar. Wakil Rektor III UAD, Dr Abdul Fadlil MT PhD menyampaikan pengembangan tersebut bentuk pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi oleh dosen dalam tugasnya yang tidak hanya mengajar, melainkan juga meneliti dan mengabdi kepada masyarakat.

Kedepankan Inovasi

Menurutnya penelitian hendaknya mengedepankan inovasi termasuk salah satunya pemanfaatan sisi positif gadget. Selain itu juga merupakan bentuk kontribusi nyata Universitas Ahmad Dahlan dalam pengembangan pendidikan berbasis teknologi informasi kepada masyarakat. Taman Pintar Yogyakarta salah satu mitra penelitian guna menuju objek wisata go digital.

Rangkaian pembukaan sekaligus uji coba disisipi rekreasi matematika yaitu mengerjakan tiga tantangan dalam satu rute. Adapun peserta rekreasi matematika siswa SMP Negeri 12 Yogyakarta kelas 9D yang didampingi guru mata pelajaran, Christiana Erlin D SPd. Kegiatan rekreasi matematika merupakan salah satu agenda dalam program penugasan dosen di SMP Negeri 12 Yogyakarta yang diselenggarakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UAD melalui hibah Penugasan Dosen di Sekolah dari Belmawa Kemenristekdikti.
    Pengelola Taman Pintar Yogyakarta, Afia Rosdiana MPd menjelaskan pengembangan MathCityMap di playground merupakan terobosan untuk menarik minat anak-anak dan masyarakat umum berkunjung ke sana. Pengunjung dapat mengakses platform MathCityMap dengan dipandu petugas atau guru masing-masing. Selain itu, dengan terinstalnya Mathcitymap, dapat meningkatkan promosi Taman Pintar Yogyakarta sebagai salah satu ikon objek wisata di Kota Yogyakarta.


(Agung Priyo Wicaksono/CN40/SM Network)