• KANAL BERITA

Masyarakat Desa Cilibang Cilacap Kian Sadar Kebersihan Lingkungan Sejak Hadirnya TMMD

Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

CILACAP, suaramerdeka.com – Masyarakat Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kini mulai sadar akan keindahan dan kesehatan lingkungan sejak hadirnya program TMMD Reguler 106 Cilacap.

Budaya gotong royong yang ditanamkan telah merubah bantara Kali Beber, Dusun Beber, Cilibang, yang dulunya bersemak, kini telah menjadi objek wisata desa yang tentunya menjadikan sumber kas desa serta tempat ekonomi baru bagi masyarakat setempat.

Dibenarkan  Danramil 02 Jeruklegi, Kodim 0703 Cilacap, Kapten Infanteri Suwanto, bahwa Kali Beber di Desa Cilibang kini dijadikan tempat wisata pemancingan, Beber Fishing Park atau Krama Cenil, gagasan Dandim/Dansatgas TMMD, Letkol Wahyo Yuniartoto bersama perangkat desa dan karang taruna.

“Objek wisata ini kini dijadikan tempat singgah jika ada kunjungan dari TNI maupun lembaga pemerintahan yang memantau TMMD Reguler. Apa yang dilakukan Ibu-ibu ini merupakan wujud dukungan mereka dalam pembangunan desanya,” jelasnya.

Tampak Ibu-ibu sedang membersihkan sampah organik dan plastik yang mengganggu estetika objek wisata tersebut. Kamis (17/10/2019).

Sementara Suryati (64), salah satu ibu asal Dusun Kalirau, Cilibang, menyatakan bahwa semenjak adanya program TMMD di desanya, banyak perubahan yang terjadi, baik dari jalan desa yang dibangun, puluhan rumah warga di rehab, serta kini desa mempunyai objek wisata.

“kalau tidak kita yang menjaga dan merawat kebersihan lingkungan, lalu siapa lagi. Termasuk lokasi wisata Krama Cenil ini,” tegasnya.


(Red/CN39/SM Network)